Waspada Cuaca Ekstrem Berdampak Bencana Hidrometeorologi 3 Hari ke Depan

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah NTT dalam kurun waktu tiga hari ke depan, mulai 17 Januari hingga 19 Januari 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Klas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi. S.Si, dalam rilis yang diterima TIMEX, Senin (17/1) menjelaskan, wilayah yang berpotensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada 17 Januari 2022 terjadi di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai, Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, dan Alor. Lalu Kabupaten Belu, Malaka, TTU, TTS, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Kabupaten Kupang.

Untuk kondisi hari ini, khusus di wilayah Kota Kupang, jelas Agung, wilayah terdampak hujan disertai petir dan angin terjadi di Alak, Kelapa Lima, Kota Lama, Kota Raja, Maulafa dan Oebobo. Sementara di TTS terjadi di wilayah Nunbena, Mollo Barat, Mollo Utara, Tobu, Fatumnasi, Mollo Tengah, Kota SoE, Batu Putih, Amanuban Selatan, Amanuban Barat, Noebeba, Kuanfatu, Kualin, Mollo Selatan, Polen, Oenino, Amanuban Timur, Fatukopa, Kolbano, Amanuban Tengah, Kuatnana, Kie, Fautmolo, Amanatun Selatan, Noebana, Boking, Kotolin, Nunkolo, Toianas, Kokbaun, Amanatun Utara dan Santian.

Sementara Kabupaten Kupang di wilayah Amfoang Timur, Amfoang Tengah, Amfoang Utara, Amfoang Barat Laut, Amfoang Selatan, Amfoang Barat Daya, Takari, Fatuleu Barat, Sulamu, Fatuleu Tengah, Fatuleu, Amabi Oefeto Timur, Amarasi Timur, Amarasi Selatan, Amabi Oefeto, Amarasi, Kupang Timur, Kupang Tengah, Taebenu, Amarasi Barat, Nekamese, Kupang Barat, Semau dan Semau Selatan,

Untuk Rote Ndao di wilayah Rote Barat Daya, Rote Barat Laut, Lobalain, Rote Tengah, Pantai Baru, Rote Timur, Rote Barat dan Rote Selatan. Lalu Sabu Raijua di wilayah Raijua, Sabu Barat, Sabu Timur, Hawu Mehara, Sabu Liae dan Sabu Tengah.

Sementara Malaka di wilayah Botin Leo Bele, Io Kufeu, Kobalima, Kobalima Timur, Laenmanen, Malaka Barat, Malaka Tengah, Malaka Timur, Rinhat, Sasitamean, Weliman dan Wewiku.

BACA JUGA: BMKG Imbau Warga Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi

Lalu TTU di wilayah Miomaffo Timur, Miomaffo Barat, Biboki Selatan, Noemuti, Kota Kefamenanu, Biboki Utara, Biboki Anleu, Insana, Insana Utara, Noemuti Timur, Miomaffo Tengah, Musi, Mutis, Bikomi Selatan, Bikomi Tengah, Bikomi Nilulat, Bikomi Utara, Naibenu, Insana Fafinesu, Insana Barat, Insana Tengah, Biboki Tanpah, Biboki Moenleu dan Biboki Feotleu.

Sementara Belu yaitu di wilayah Lamaknen, Tasifeto Timur, Raihat, Tasifeto Barat, Kakuluk Mesak, Kota Atambua, Lasiolat, Raimanuk, Lamaknen Selatan, Atambua Barat, Atambua Selatan dan Nanaet Duabesi,

Agung menyebutkan, kondisi potensi angin kencang ini dipicu oleh daerah tekanan rendah atau Ex-Siklon Tropis Tiffany. Ex-Siklon ini terpanatau di Australia Barat bagian utara atau berada di selatan NTT. Keberadaan Ex-Siklon Tropis Tiffani itu menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot di NTT.

Menurut dia kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang di NTT. Untuk itu masyarakat perlu waspada terhadap bencana hidrometeorologi terutama potensi banjir, banjir bandang, banjir rob, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin dan sambaran petir.

Selanjutnya pada 18 Januari 2022, hujan disertai petir masih melanda Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, dan Alor. Kemudian Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Sumba Barat.

Pada 19 Januari 2022, terjadi di Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, dan Alor. Lalu Kabupaten Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Sumba Barat.

“Wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang bakal terjadi di Pulau Timor, Alor, dan Lembata. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini, Stasiun Meteorologi El Tari Kupang membuka layanan informasi cuaca 24 jam dan dapat menghubungi ke Telp. (0380)881613: WA:081139404264 Website: meteoeltari.com; Email: met kupang@@yahoo.com. Atau Unduh aplikasi mobile apps INFO BMKG di appstore dan playstore: info BMKG,” pungkasnya. (r1/r2)

  • Bagikan