Sederhana, Penyambutan Wabup Ende Tanpa Kehadiran Bupati dan Sekda

  • Bagikan

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Wakil Bupati (Wabup) Ende terlantik sisa masa jabatan 2019 – 2024, Erikos Emanuel Rede tiba di Ende, Minggu (30/1) siang. Menumpang pesawat Wings Air IW. 2959 ATR – 600, politikus yang akrab disapa Erik Rede bersama anggota DPRD Ende Fraksi NasDem serta keluarga tiba di Bandara Haji Hasan Aroebusman Ende, sekira pukul 11.20 Wita.

Dalam acara penyambutan di Bandara Haji Hasan Aroebusman itu, tidak tampak Bupati Ende, Djafar Achmad dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende, Agustinus Gaja Ngasu. Termasuk pejabat unsur Forkompinda atau pejabat yang mewakili.

Dalam penjemputan itu, dari Pemkab Ende diwakili Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Derson Duka dan Asisten Administrasi Hiparkus Hepy.

Sebelum memasuki ruang kedatangan bandara, Wabup Erikos dikalungi selendang tenun Ende oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Derson Duka. Sementara istri Erikos, Afra Susana mendapat pengalungan oleh Asisten Administrasi, Hiparkus Hepy.

Penjemputan Wabup Ende ini terkesan sederhana, namun tetap hikmat sebab hadir juga warga Ende yang menamakan diri Garda Milenial dan dari keluarga besar Erikos Rede.

Seperti yang disaksikan, setelah acara pengalungan, dilanjutkan sapaan adat dan tarian penjemputan dan mengarahkan Wabup Erikos dan keluarga ke ruang transit untuk beristirahat sejenak.

Rombongan Wabup Erikos akhirnya melakukan konvoi menuju kediaman pribadi di jalan D. I. Penjaitan melalui, Jl. Kelimutu, Jl. Banteng, Jl. Nuamuri, Jl. Wirajaya, Jl. El Tari, Jl. Nenas, dan berakhir di Jl. D. I. Penjaitan, yakni kediaman Wabup Ende.

BACA JUGA: Gubernur NTT Minta Semua Pihak Hentikan Polemik Pelantikan Wabup Ende

Sepanjang jalan warga antusias memberi salam kepada Wabup yang menggunakan mobil terbuka yang terus menebar senyum sambil melambaikan tangan kepada warga setempat.

Setelah beristirahat sejenak, Wabup Erikos bersama keluarga melanjutkan perjalanan menuju kampung halamannya di Moni, Kecamatan Kelimutu untuk mengikuti acara keluarga.

Terkait ketidakhadiran Bupati Ende dan Sekda saat seremoni penyambutan, Kepala Bagian Protokol Setda Ende, Ignasius Gharu menyatakan kedua pejabat tersebut berhalangan karena ada kegiatan lain yang tidak bisa diwakilkan.

“Bapak Bupati ada halangan karena ada kegiatan di Pulau Ende. Begitu juga Bapak Sekda saat yang sama ada kegiatan,” jelas Ignas Gharu.

Dia mengatakan, Bupati Ende Djafar Achmad telah menunjuk Asisten Perekonomian untuk mewakili Pemkab Ende melakukan penyambutan tersebut.

Pantauan di Bandara Haji Hasan Aroebusman Ende dalam acara penjemputan, tidak terlihat pimpinan dan anggota DPRD Ende. Yang hadir cuma anggota DPRD dari Fraksi Partai Nasdem.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) telah melantik Erikos Emanuel Rede sebagai Wabup Ende di aula Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (27/1) malam. Pelantikan tersebut sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 132.53-67 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Kr7/aln)

  • Bagikan