Berjasa Memajukan Polri, Irjen Lotharia Latif Raih Penghargaan Presiden

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, memberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama kepada Irjen Pol Lotharia Latif sebagai tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Penyerahan itu dilakukan dalam upacara penyematan yang dilaksanakan secara virtual, dihadiri Irjen Pol Lotharia Latif di ruangan vicon lantai dua Mapolda NTT, Kamis (30/12).

Tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama ini diberikan kepada 74 perwira tinggi (Pati) dan ASN, terdiri dari 61 Pati Polri, 8 Pati TNI, dan 5 pejabat dari ASN. Salah satunya mantan Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Bintang Bhayangkara Pratama merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Penghargaan ini ditetapkan secara resmi tahun 1961.

“Bintang Bhayangkara Pratama merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada personel Polri dan non Polri yang berjasa dalam memajukan Polri. Calon penerima harus melalui proses screening track record, selain harus memenuhi persyaratan formal lainnya,” ujar Kapolri Listyo Sigit dalam amanatnya.

Kapolri juga menyampaikan ucapan selamat dan penganugerahan ini tentu saja memiliki konsekuensi bagi penerima untuk terus mendorong perubahan dan transformasi organisasi yang lebih baik ke depan.

Usai upacara pemberian penghargaan itu, Irjen Pol Lotharia Latif menyampaikan rasa bangga dan hormat yang tulus kepada Presiden Jokowi melalui Kapolri karena pemberian tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama itu.

“Pengabdian 34 tahun di Polri tentu saja menjadi memotivasi tersendiri untuk terus optimal dan mendedikasikan diri membangun perubahan dalam tugas perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat,” ujar Irjen Lotharia.

Irjen Lotharia mengaku sangat bersyukur dengan penghargaan yang diberikan Presiden itu karena hanya beberapa saja yang terpilih, dan salah satu adalah dirinya.

Meraih penghargaan ini, kata Irjen Lotharia, diakui tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan masyarakat umum dalam menjaga kondisi Kamtibmas di wilayah NTT selama dirinya menjabat.

Penghargaan tersebut, demikian Irjen Lotharia, tidak hanya untuk dirinya, tetapi untuk semua masyarakat NTT. “Ini adalah kado istimewa bagi saya dan seluruh masyarakat NTT diakhir Tahun 2021. Semoga kita akan terus berkarya untuk bangsa ini,” ungkapnya. (mg29/gat)

  • Bagikan