Satlantas Polres Kupang Kota Lakukan Penyekatan Sejumlah Ruas Jalan Saat Malam Tahun Baru

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Satuan Lalu Lintas Polres Kupang Kota mengamankan arus lalu lintas pada malam menyambut Tahun Baru 2022. Pengamanan ini dilakukan untuk mengurai agar tidak terjadi kemacetan.

Selain itu, juga mengantisipasi masuknya masyarakat dari kabupaten yang akan merayakan malam pergantian tahun di Kota Kupang. “Personel Satlantas Polres Kupang Kota telah melakukan penyekatan jalan. Ini berlaku sejak pukul 10.00 Wita hingga selesai,” ujar Kasat Lantas Polres Kupang Kota AKP Andri Aryansyah, Jumat (31/12).

Andri menjelaskan, penyekatan pertama dilakukan dengan melakukan penutupan Jalan El Tari, yakni dari Bundaran Gubernur di bagian jalur ke arah simpang Toko Hero karena akan digunakan untuk parkiran VIP.

Kemudian, penerapan one way di Jalan El Tari hanya berlaku di jalur ke arah Bundaran Gubernur. Pengguna jalan tidak diperbolehkan untuk belok ke arah Jalan Suprapto dan Jalan Palapa. Penutupan Jalan Soeharto sepanjang depan Mako Polda NTT dan Penerapan one way di Jalan Soedirman (Kelurahan Kuanino) hanya berlaku satu arah dari Jalan Herewila dan dari arah Kelurahan Airnona.

Andri menambahkan, penerapan one way di Jalan Hati Suci hanya berlaku satu arah menuju ke Jalan Suprapto, Jalan Palapa, Airnona atau turun ke Jalan Soedirman (Kuanino). Selain itu, penerapan one way di Jalan Herewila hanya berlaku satu arah menuju ke Air Nona atau turun ke Jalan Soedirman.

Penutupan Jalan Palapa dan Jalan Suprapto hanya dari arah Jalan El Tari tapi kendaraan menuju Jalan El Tari masih diperbolehkan. Penerapan one way sepanjang Jalan Soedirman dan Jalan Mohammad Hatta hanya berlaku satu arah dari arah Jalan Herewila, Airnona dan Jalan Banteng. Penutupan jalan menuju Jalan Mohammad Hatta dari Rumah Jabatan Wakil Gubernur NTT.

Denah penyekatan jalan malam tahun baru 2022. (ISTIMEWA)

Penerapan one way sepanjang Jalan Tompello dan Jalan Cak Doko hanya berlaku satu arah dari Jalan Urip Sumoharjo (Halte). Penerapan one way Jalan Pemuda, Jalan Prof Dr WZ Yohanes dan Jalan Beringin hanya berlaku satu arah dari Jalan Soedirman dan Jalan M. Hatta (Kuanino, RSU, Wira Sakti).

Penutupan jalan-jalan tersebut dari arah Jalan Cak Doko dan Jalan Tompello. Sementara, di Jalur III, penutupan jalan dari Jalan WJ Lalamentik ke arah Jalan El Tari. Penutupan dari Jalan Frans Seda menuju Jalan El Tari.

Penutupan dari Jalan WJ Lalamentik menuju Jalan Cak Doko. Berikutnya, Penutupan jalan di depan Pos Lantas El Tari dari menuju arah Oebufu. Penerapan one way di Jalan WJ Lalamentik dari depan Toko Buku Kharisma hanya berlaku satu arah ke arah Bundaran Gubernur.

Pesta Kembang Api

Sementara itu, berdasarkan pantauan TIMEX pada pukul 20.30 Wita, di Jln Bundaran PU, Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM) berkumpul sejumlah warga yang menyaksikan pancaran air menari di Bundaran Patung Tirosa. Sejumlah warga yang membawa kendaraan, baik roda dua dan empat sempat berhenti dan mengabadikan momen itu.

Sedangkan tepat pukul 24.00 Wita, lepas tahun 2021 menuju 2022, langit di seantero Kota Kupang terang benderang karena pancaran kembang api. Meski ada larangan dari pemerintah maupun pihak keamanan untuk tak ada pesta kembang api saat malam pergantian tahun akibat pandemi Covid-19, tetap saja terdengar bunyi dentuman di mana-mana. TIMEX yang memantau dari puncak Desa Baumata Barat, tampak terlihat jelas percikan kembang api di langit Kota Kupang, mulai dari arah BTN Kolhua, Oepura, Oebobo, Oebufu, TDM, Kota Baru, Penfui, Naimata, Oesapa hingga Lasiana. (mcr2/jpnn/aln)

  • Bagikan