Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah NTT 3 Hari Ke Depan

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) El Tari Kupang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat dan angin kencang yang terjadi di wilayah NTT hingga tujuh hari ke depan, terhitung, 4 – 7 Januari 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/1) menjelaskan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer pada pukul 16.00 Wita tanggal 4 Januari 2020, teridentifikasi sistem tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat daya Pulau Sumba (1004 mb) dan diprakirakan akan semakin rendah menyebabkan terjadi pertemuan angin (konvergensi) serta belokkan angin di atas wilayah NTT.

“Anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara berkisar +1.5°C hingga +4.0°C yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan angin kencang,” jelasnya.

Kondisi ini, kata Agung, dapat berpotensi menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai > 30 km/jam di hampir seluruh wilayah NTT dalam periode beberapa hari ke depan. Terutama di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Tumur, Ende, Sikka, Alor, Sabu, Rote Ndao, TTS, Sumba Timur, dan Sumba Barat Daya

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, sambaran petir, dan jalan licin,” pungkasnya. (*)

PENULIS: IMRAN LIARIAN

  • Bagikan