Satuan Binmas dan Samapta Polres Ngada Mobilisasi Sasaran Vaksinasi Covid-19

  • Bagikan

BAJAWA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Satuan Binmas dan Samapta Polres Ngada memobilisasi sasaran vaksinasi Covid-19, di wilayah Kota Bajawa, Senin (10/1). Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngada mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

Aparat Polres Ngada dan jajarannya melakukan aktifitas antar-jemput warga menuju gerai presisi Polres Ngada di aula Polres Ngada, aula Bapeda Ngada, dan aula Susteran Alma Bajawa.

Sesuai target Polres Ngada, capaian vaksinasi dosis pertama pada akhir Maret 2022 sudah 100 persen. Artinya 122.871 warga tervaksinasi, sementara vaksinasi dosis kedua tercapai 60 persen. Bagi sasaran lansia usia 59 tahun ke atas tercapai 60 persen.

Personil Polres Ngada dari Satuan Binmas Bripka Enos Loasana dan Bripda Klaudius F. Benda, serta dari Satuan Samapta Bripka Kristianus Re’o Rudu dan Bripda Ayub bergerak menuju sasaran dan mobilisasi warga, yakni para pelajar SMA/SMK dan para penyadang didabilitas juga warga berkebutuhan khusus.

Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos, SIK mengatakan, dalam mendukung pemerintah dalam percepatan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ngada, pihaknya melakukan langkah dan strategi memobilisasi warga ke titik vaksinasi. Hal ini dilakukan dengan melihat letak geografis dan populasi penduduk Kabupaten Ngada.

BACA JUGA: Aparat Polres Ngada Jemput Lansia untuk Dapatkan Layanan Vaksin

“Ada tiga strategi yang kami lakukan, yaitu menggunakan metode mobilisasi, metode mobile, dan metode door to door. Dan terbukti kami bersama rekan-rekan TNI dan Pemerintah Kabupaten Ngada, sesuai target nasional, tercapai 70 persen lebih diakhir tahun 2021,” ungkap Kapolres AKBP Abilio.

“Diakhir bulan Maret 2022 ini, kami menargetkan sudah 100 persen warga tervaksin dosis pertama, 60 persen dosis kedua, dan 60 persen vaksinasi untuk para lansia,” jelas AKBP Abilio.

AKBP Abilio menyatakan, pada Selasa (11/1) besok, pihaknya kembali melaksanakan vaksinasi massal di wilayah Kecamatan Golewa Selatan, tepatnya di Pasar Maumbawa. “Personil Bhabinkamtibmas sudah door to door melakukan pendataan masyarakat yang belum vaksinasi, dan kami menyiapkan vaksin 300 dosis,” sebut AKBP Abilio.

Bagi warga yang kesulitan transportasi menuju titik vaksinasi, AKBP Abilio menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan kendaraan khusus untuk antar-jemput warga. “Jadi warga yang sulit menjangkau gerai vaksinasi yang telah disiapkan, kami siapkan mobil, dan melakukan vaksinasi secara door to door bagi warga yang tidak bisa diakses dengan kendaraan,” pungkasnya. (*)

PENULIS: Saver Bhula

  • Bagikan