Pantau Aktivitas di Kelas, SMKN 6 Launching Aplikasi Pantau KBM

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Kota Kupang terus berinovasi dalam dunia digital. Salah satu inovasi yang dilakukan sekolah itu adalah melahirkan aplikasi Pantau KBM (Kegiatan Belajar Mengajar).

Aplikasi Pantau KBM ini secara resmi telah di-launching oleh Kepala SMKN 6 Kupang, Asa M. Lathang, S.Pd., M.Pd., bertempat di SMKN 6 Kupang, Rabu (19/1).

Kelebihan dari aplikasi Pantau KBM ini, kata Asa, adalah berbasis WEB dan juga bisa digunakan di handphone android. Aplikasi ini terdapat menu yakni absen, jurnal, data guru/pegawai, lokasi kegiatan KBM, dan KBM yang sementara berlangsung.

Asa menjelaskan, menu Absen ini diisi oleh guru-guru yang ada di SMKN 6 Kupang. Cara pengisian absen pada form yang sudah disediakan. Kemudian bukti kegiatan pembelajaran dengan menampilkan foto bahwa guru itu berada di sekolah.

Menurut Asa, aplikasi Pantau KBM ini penting sekali. Menurutnya, harus ada inovasi di sekolah ini terutama sekolah ini yang berbasis ITE. Dengan adanya aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan dalam pengawasan, baik guru dan siswa di dalam kelas.

” Saya hanya duduk dalam ruangan saya tapi saya sudah bisa pantau kegiatan KBM yang berjalan di kelas. Walaupun saya ada kerjakan banyak hal di dalam ruang kelas, tapi saya bisa pantau kegiatan KBM,” ungkapnya.

Ke depan ada pengembangan lebih lanjut dengan melahirkan aplikasi pantau siswa. Aplikasi ini nanti guru dan orang tua bisa memantau siswa ketika disekolah. (*)

PENULIS: Imran Liarian

  • Bagikan