Dua Sekolah di TTU Teken MoU CMS dengan Bank NTT

  • Bagikan

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pimpinan SMAK Warta Bhakti Kefamenanu dan SMEA Kefamenanu melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank NTT Kantor Cabang (KC) Kefamenan terkait penerapan layanan perbankan untuk pembayaran uang sekolah, uang komite maupun uang seragam melalui Cash Management System (CMS).

Penandatanganan MoU CMS dilakukan Kepala SMAK Warta Bhakti Kefamenanu, Romo Djanu Kura dan Kepala Bank NTT Cabang Kefamenanu, Fridolina M. M. Faturene di Ruang Rapat Guru SMAK Warta Bhakti Kefamenanu, Rabu (19/1).

Acara ini disaksikan Direktur Dana dan Treasury Bank NTT, Yohanis Landu Praing, para pegawai Bank NTT Cabang Kefamenanu dan para guru di SMAK Warta Bhakti Kefamenanu.

Usai Penandatanganan MoU, Direktur Dana dan Treasury Bank NTT, Yohanis Landu Praing kepada TIMEX, Rabu (19/1) menjelaskan, dengan menggunakan layanan CMS, maka transaksi tunai tak lagi dilakukan. Semua transaksi menyangkut biaya sekolah dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Manfaat lainnya, kata Yohanis, adalah dapat menekan risiko atau ada jaminan keamanan dalam bertransaksi, sekaligus mengurangi tindakan lain yang berpotensi atau berdampak hukum akibat transasksi masih dilakukan secara tunai.

“Semua transaksi untuk seluruh biaya sekolah yang diharapkan seratus persen non tunai bisa terjawab dengan sistem CMS. Tidak ada lagi yang namanya cash and carry, lebih cepat aksesnya, dan transparansinya terjamin. Jadi jika ada kesalahan transaksi, bisa cepat diketahui dan dikembalikan pada posisi yang benar,” kata Yohanis.

Yohanis menambahkan, kerja sama antara Bank NTT dengan pihak sekolah untuk penggunaan sistem CMS di Kabupaten TTU baru dilakukan di dua sekolah, yakni SMEA Kefamenanu dan SMAK Warta Bhakti Kefamenanu.

Menyangkut penggunaan CMS, lanjut Yohanis, pasti dapat dirasakan kemudahan karena layanan ini dapat memaksimalkan oleh seluruh siswa di sekolah. Jika penggunaan CMS ini dimaksimalkan, maka pengelolaan keuangan non tunai di SMAK Warta Bhakti Kefamenanu dan SMEA Kefamenanu dapat berjalan dengan baik.

“Hanya tinggal input data transaksi, dan ke rekening mana tujuannya, transaksi dapat dilakukan sendiri setelah mendapat approved terakhir dari pejabat yang berwenang,” jelasnya.

Sementara, Kepala SMAK Warta Bhakti Kefamenanu, Romo Djanu Kura menyampaikan terima kasih kepada manajemen Bank NTT yang membantu SMAK Warta Bhakti Kefamenanu dengan program layanan perbankan untuk kas daerah melalui CMS.

“Ini sangat membantu kami dalam mengelola keuangan di sekolah, sehingga lebih professional dan transparan,” katanya.

Romo Djanu berharap dengan layanan CMS ini, dapat memberikan kemudahan kepada siswa-siswi dalam melakukan pembayaran terhadap uang sekolah, uang komite maupun uang seragam secara langsung melalui fasilitas online.

“Sebagai anak NTT, kami hanya mau bekerja sama dengan Bank NTT dan mau membangun NTT melalui Bank NTT. Kami yakin kerja sama ini akan berjalan dengan baik karena kami memulainya dengan hati,” katanya. (mg26)

  • Bagikan