Maruli Simanjuntak Jabat Pangkostrad, Putra NTT Jadi Pangdam XVIII/Kasuari

  • Bagikan

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa mengatakan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi terhadap 328 perwira tinggi (Pati) di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 diantaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (Diamanatkan dalam Perpres No. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI) seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” katanya.

Dari ratusan Pati TNI yang dimutasi itu, ada nama menantu Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Panjaitan, yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Mayjen Maruli yang sebelumnya menjadi sebagai Pangdam IX/Udayana ditunju sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Jabatan Pangkostrad ini sebelumnya dijabat oleh Letjend TNI Dudung Abdurahman yang kini naik tingkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang kini menjadi Panglima TNI. “Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak,” ujar Prantara kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Mayjen Prantara mengatakan, keputusan Panglima TNI menunjuk Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad berdasarkan pada Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Selain jabatan satuan-satuan baru di lingkungan TNI, Jenderal Andika Perkasa juga mengganti sejumlah Panglima Daerah Militer (Pangdam). Misalnya Pangdam XVIII/Kasuari yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa digantikan oleh seorang putra NTT dijajaran Pati TNI, yakni Mayjen TNI Gabriel Lema. Mayjen Nyoman Cantiasa dimutasi menjadi Panglima Komando Pertahanan Wilayah (Pangkogabwilhan) III, sementara Mayjen Gabriel Lema sebelumnya menjabat sebagai Ir Kodiklatad.

Untuk diketahui, Mayjen Gabrie Lema merupakan orang NTT kedua yang menduduki jabatan strategis bintang dua di lingkungan TNI, sebagai Pangdam. Sebelumnya ada nama Mayjen TNI Wilem Da Costa yang menjabat Pangdam IX/Udayana pada tahun 2000-2002 lalu Komandan Seskoad pada 2002-2003.

Berikut Ini 10 Nama Baru dalam Jabatan Perwira Tinggi Bintang 3:

1. Pangkogabwilhan III (Dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa)
2. Danjen Akademi TNI (Dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari)
3. Wakasad (Dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto)
4. Pangkostrad (Dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak)
5. Dankodiklatad (Dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo)
6. Pangkoarmada (Dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan)
7. Dan Pushidrosal (Dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat)
8. Dan Kodiklatal (Dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono)
9. Pangkoopsudnas (Dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono)
10. Dan Kodiklatau (Dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso).

Daftar 5 Pangdam yang Dimutasi:

1. Pangdam IX/Udayana (Dijabat oleh Mayjen TNI Sonny Aprianto)
2. Pangdam III/Siliwangi (Dijabat oleh Mayjen TNI Kunto Aief Wibowo)
3. Pangdam XVIII/Kasuari (Dijabat oleh Mayjen TNI Gabriel Lema)
4. Pangdam XVII/Cenderawasih (Dijabat oleh Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa)
5. Pangdam IV/Hasanuddin (Dijabat oleh Mayjen TNI Andi Muhammad). (jpc/jpg/jpnn)

  • Bagikan

Exit mobile version