BRI Ruteng Donasikan Alat Pertanian ke YKM, Begini Kata Suster Kristin

  • Bagikan

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ruteng melalui Yayasan Brikasih, mendonasikan alat pertanian kepada Yayasan Karya Murni (YKM) Ruteng, Kabupaten Manggarai, Selasa (25/1). Bantuan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI.

Acara penyerahan itu berlangsung di aula YKM, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong. Bantuan senilai Rp 42 juta ini diserahkan Pimpinan BRI Cabang Ruteng, Galilea Prima Khristianto, dan diterima Sekertaris YKM, Suster Kristin Pasaribu, KSSY, disaksikan sejumlah suster di YKM, sejumlah pegawai BRI Cabang Ruteng, dan siswa/i Sekolah Luar Biasa (SLB) YKM.

“Bantuan ini merupakan program CSR. Jadi di sini BRI tidak hanya mengurusi masalah bisnis dan komersial saja, tapi juga punya satu bentuk program kepedulian sosial pada masyarakat,” ujar Pimpinan BRI Cabang Ruteng, Galilea, kepada TIMEX usai menyerahkan bantuan CSR kepada YKM Ruteng.

Menurut Galilea, donasi yang diserahkan itu merupakan bentuk komitmen BRI untuk kegiatan UMKM di Kabupaten Manggarai, termasuk program yang dijalankan oleh pihak YKM Ruteng dalam bidang pertanian.

Sebagaimana diketahui, YKM Ruteng banyak berkontribusi terhadap masyarakat. Khususnya misi terhadap para disabilitas.

“Kita melihat Yayasan ini mempunyai misi bagi para penyandang disabilitas untuk masa depan, sehingga bisa mendapat kehidupan layak. Dimana nanti mereka dilatih oleh pihak YKM untuk dapat keahlian atau skil, tanpa harus tergantung pada orang lain. Sehingga disini kita mendukung program YKM dengan peralatan yang ada,” jelas Galilea.

Apalagi Kabupaten Manggarai, kata Galilea, mempunyai potensi di sektor pertanian. Sehingga pihaknya menyuport untuk peningkatan hasil pertanian dan pemberdayaan UMKM.

Galilea menyebutkan, bantuan yang diserahkan itu berupa satu unit traktor jenis kubota, satu unit mesin penggiling pakan ternak, dan tiga tandon berukuran 2.300 liter.

“Bantuan ini semua untuk mendukung usaha dari YKM. Sehingga usaha mereka terus berkembang dan ada peningkatan produktifitas. Apalagi, usaha di bidang pertanian dari yayasan ini, memperkerjakan masyarakat sekitar. Sehingga harapannya ada pemberdayaan bagi masyarakat sekitar lahan pertanian milik YKM,” katanya.

Sekertaris YKM Ruteng, Suster Kristin, mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih kepada pihak BRI atas bantuan CSR yang ada. Bantuan yang ada, seperti traktor akan digunakan untuk pengolahan lahan sawah satu haktare dan juga lahan kebun seluas lebih dari 1/2 hektare. Semuanya berlokasi di Desa Tal, Kecamatan Satar Mese.

Suster Kristin mengatakan, mesin traktor itu juga akan digunakan untuk pemberdayaan bagi adik-adik disabilitas yang bekerja sama dengan masyarakat sekitar di Desa Tal. Selama ini, lebih kurang 10 tahun mereka mengolah lahan pertanian yang ada secara manual. Sehingga traktor dari BRI ini sangat membantu usahanya. Selain itu, mesin pencacah rumput, digunakan untuk pengolahan pupuk bokasi.

Suster Kristin menjelaskan, kegiatan olah pupuk bokasi, karena disana pihaknya juga menanam sayur-sayur organik. Mesin itu juga bisa digunakan untuk olah pakan ternak. Sementara tandon digunakan untuk menampung air. “Jadi bantuan dari BRI ini demi kehidupan Yayasan Karya Murni. Supaya lembaga ini tetap berjalan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

“Bantuan ini sangat mendukung kegiatan untuk kemandirian kami disini. Jujur kami sangat bersyukur dengan bantuan ini. Tentu kami menyampaikan terima kasih kepada pihak BRI. Kami hanya bisa balas dengan doa. Semoga senantiasa seluruh pegawai BRI diberikan kesehatan dan semakain banyak masyarakat yang percaya dan mencintai dengan BRI,” ungkapnya (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan