Penyegaran di Tubuh Polda NTT, Kapolri Mutasi 11 Kapolres

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi di tubuh Polri. Setelah melakukan pergantian jabatan terhadap perwira tinggi, termasuk Kapolda NTT, kini giliran jajaran Kapolres.

Dilingkup Polda NTT, sesuai telegram rahasia (TR) Nomor: 166/1/Kep 2022 tanggal 24 Januari, terdapat 11 Kapolres di wilayah hukum Polda NTT yang dimutasi. Ke-11 Kapolres itu ada yang dirotasi ke kabupaten lain, ada yang dipindahtugaskan ke beberapa satuan kerja di Polda NTT. Kebanyakan pejabat baru adalah perwira yang mengalami kenaikan pangkat AKBP periode 1 Januari 2022 dan baru menyelesaikan pendidikan Sespimen Polri Tahun 2020.

Kapolres yang dimutasi yakni Alor, Ende, Timor Tengah Selatan (TTS), Flores Timur, Kupang, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Utara (TTU), Sikka, Manggarai Timur, dan Nagekeo.

Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto pindah menjadi Wadir Intelkam Polda NTT. Posisinya digantikan oleh AKBP Ari Satmoko yang saat ini menjabat Koorspripim Kapolda NTT.

Selanjutya AKBP Albertus Andreana yang menjadi Kapolres Ende dimutasi sebagai Wadir Reskrimum Polda NTT. Jabatan ini sudah lama lowong. Pengganti Albertus adalah AKBP Andre Librian yang saat ini menjabat sebagai Kapolres TTS.

Sementara AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, yang kini menjabat sebagai Kapolres Flores Timur ditugaskan menjadi Kapolres TTS. AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, yang saat ini menjabat Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda NTT dan Ps Dirtahti Polda NTT ditunjuk menjadi Kapolres Flores Timur.

Berikutnya, Kapolres Kupang, AKBP Aldinan R. J. H. Manurung dimutasi menjadi Wadir Resnarkoba Polda NTT. Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, pindah menjadi Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT.

Jabatan Kapolres Sikka dipercayakan kepada AKBP Nelson Filipe Quintas, yang saat ini menjabat Kapolres TTU. Penggantinya adalah AKBP Moh Mukhson yang saat ini menjabat sebagai Kasubbid Paminal Bidang Propam Polda NTT.

Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, dimutasi sebagai Kabag Faskon Biro Logistik Polda NTT. Jabatan yang ditinggalkan diisi AKBP Fajar Widyadharma Lukman, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditresnarkoba Polda NTT.

Sedangkan, AKBP Nugroho Arie Siswanto Kapolres Manggarai Timur dimutasi sebagai Kabagada Biro Logistik Polda NTT. Ia digantikan oleh AKBP I Ketut Widiarta, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Dit Samapta Polda NTT.

AKBP Agustinus Hendrik Fai, Kapolres Nagekeo dimutasi menjadi Pamen Polda NTT. Posisinya digantikan oleh AKBP Yudha Pranata, yang saat ini menjabat sebagai Kabag Binopsnal Ditreskrimum Polda NTT.

Rotasi jabatan ini merupakan hal biasa dalam rangka penyegaran dan meningkatkan pelayanan namun mutasi ini merupakan yang terbanyak untuk jajaran Kapolres di NTT.

Para pejabat yang namanya terbuang dalam TR tersebut sesuai ketentuan, serah terima jabatan dilakukan paling lambat 14 hari sejak surat keputusan tersebut dikeluarkan. (r3)

  • Bagikan