Usai Jalani Misi di Papua, 102 Personil Brimob Polda NTT Karantina Terpusat

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sebanyak 102 orang personel Satuan Brimob Polda NTT telah selesai melaksanakan penugasan pengamanan daerah rawan bawah kendali operasi (BKO) di Distrik Sagupa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Dan para personil ini telah tiba kembali di Kupang, Selasa (25/1). Hanya mereka tak langsung pulang ke markasnya atau bertemu keluarga, sebab harus menjalani karantina terpusat selama tiga hari ke depan.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yakni SPN Polda NTT dan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kupang. Hal tersebut merupakan perintah dari Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto, saat upacara penyambutan pasukan BKO di Bandara Internasional El Tari Kupang, Selasa (25/1).

Irjen Setyo mengatakan bahwa meskipun sudah berada di kota Kupang, tapi belum bisa bertemu keluarga. “Mohon rekan-rekan semuanya bisa menahan diri, untuk tidak dengan sembunyi-sembunyi menemui keluarga, karena kalau itu dilakukan ada kekuatiran munculnya klaster baru. Sebelum bertemu keluarga, rekan-rekan wajib karantina tiga hari ke depan. Setelah itu dilakukan tes Covid-19. Apabila hasilnya negatif bisa pulang ke rumah masing-masing,” ujar mantan Direktur Penyidikan KPK itu.

BACA JUGA: Berprestasi Jalankan Misi, Brimob BKO Distrik Sugapa Intan Jaya Papua Tuai Apresiasi

Irjen Setyo yang pernah menjabat Kapolres Biak Numfor, Polda Papua itu menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh personel yang kembali BKO dalam keadaan sehat dan selamat, tidak kuranga satu apapun.

“Saya juga sampaikan penghargaan kepada keluarga yang selama ini ditinggalkan. Satu tahun bukanlah waktu yang cepat, tentu ada beberapa kendala dan masalah yang timbul karena hubungan yang berjauhan dan dipisahkan oleh waktu. Dari dalam lubuk hati yang paling dalam, sungguh saya sampaikan penghargaan yang luar biasa tidak bisa dihitung dan dinilai dari suatu barang atau kertas penghargaan. Ini tulus dari hati,” ungkapnya.

Mantan Dirkrimum Polda Papua itu berharap dengan pengalaman tugas di daerah konflik, personel Satbrimobda bisa diterapkan di wilayah hukum Polda NTT lebih baik.

Dikesempatan tersebut, Irjen Setyo memberikan pengalungan bunga sebagai wujud ucapan selamat datang kepada perwakilan anggota Satbrimobda NTT. Dilanjutkan dengan penyerahan bendera merah putih dari Komandan Kompi (Danki) Satgas BKO Papua, AKP Arnold Tae Seran kepada Kapolda NTT. (r3)

  • Bagikan