Pohon Tumbang Timpa Pustu Kenebibi, Nakes Mengungsi

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Kenebibi di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu mengalami kerusakan yang cukup parah akibat tertindih pohon, Senin (31/1).

Kerusakan fasilitas kesehatan tersebut akibat kondisi cuaca hujan deras disertai angin kencang yang merontokan pepohonan di sekitar bangunan tersebut. Akibatnya, sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) yang menempati gedung itu terpaksa harus mengungsi.

Terpantau TIMEX, Senin (31/1), pohon yang tumbang dan menindih gedung Pustu Kenebibi tersebut merobohkan bagian atap dan plafon. Sehingga, fasilitas tersebut sementara waktu tidak bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas Kenebibi, Daud Da’i kepada pewarta, Senin (31/1), membenarkan adanya peristiwa alam tersebut.

Dikatakan, bangunan Pustu Kenebibi yang tertimpa pohon untuk sementara waktu belum digunakan karena mengalami kerusakan cukup parah dan memprihatinkan. “Kita tidak bisa gunakan untuk sementara waktu karena kerusakan cukup parah,” ungkap Daud.

Daud menambahkan, pihaknya bersama masyarakat telah mengevakuasi sejumlah peralatan kesehatan di rumah warga untuk diamankan. Sementara sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas di Pustu Kenebibi tersebut diungsikan sementara ke tempat aman.

Daud menjelaskan, kondisi kerusakan bangunan Pustu Kenebibi tersebut juga telah dilaporkan ke Pemerintah daerah secara berjenjang untuk menjadi perhatian. Selain itu, pihaknya juga telah melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu untuk memberikan bantuan tanggap darurat.

“Petugas dari BPBD Belu sudah membersihkan pohon yang menindih gedung Pustu Kenebibi sehingga dalam waktu dekat sudah bisa kembali digunakan. Namun untuk sementara pelayanan kesehatan dihentikan,” pungkasnya. (mg26)

  • Bagikan