Sukses Uji Coba Terbang, TransNusa Mampu Operasikan Armada Jenis A320

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT TransNusa Aviation Mandiri melakukan uji coba pesawat Airbus A320 PK-TLA dengan rute Jakarta-Kupang-Jakarta (CGK-KOE-CGK). Pesawat ini diujicobakan untuk melihat kesiapan airline sebelum membuka rute ke wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Uji coba dilakukan pada Kamis (3/2). Pesawat tiba di bandara El Tari Kupang sekira pukul 17. 50 WITA. Pesawat itu membawa belasan orang yang terdiri dari staf dari TransNusa, pilot, dan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku regulator.

Heri Tri Perwiranto, pilot senior di PT. TransNusa menjelaskan, setahun terakhir memang TransNusa tidak beroperasi karena kondisi pandemi. Namun kali ini, mereka kembali dengan metode armada baru atau tidak lagi dengan pesawat jenis ATR32 dan digantikan dengan Airbus320.

“Model servisnya juga sedikit berubah, tadinya medium sekarang kita menjadi lokoskreroil,” kata Heri.

Dengan lokoskreroil, demikian Heri, ongkos produksi bisa ditekan sehingga harga tiket pun bisa terjangkau. Heri mengaku, pada pesawat ATR32 sebelumnya bisa masuk ke beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur, kini dengan pesawat Airbus ini, tentu hanya bisa berada di kota besar.

Sesuai rencana, lanjut Heri, pihaknya akan meniadakan pesawat ATR32 dari rencana bisnisnya dan digantikan dengan Airbus. Namun begitu, rencana itu baru berjalan setelah adanya kesiapan dari ARG21 dengan mesin jet tetapi kapasitas penumpang hanya 90-100 orang saja.

“Dan itu kita bisa layani terbang seperti ke Labuan Bajo. Tapi mungkin yang landasannya pendek sekali seperti Tambolaka, Maumere itu masih bisa,” jelasnya.

Pesawat Airbus A320 ini nantinya akan melayani rute Kupang-Denpasar dan Jakarta, juga di Jogjakarta. Heri mengaku, dirinya belum mengetahui mengenai jadwal dan dimungkinkan akan dikeluarkan oleh pihak komersial.

Heri menegaskan, penerbangan ini merupakan pembuktian bahwa TransNusa mampu mengoperasikan armada baru jenis A320. Hal ini sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Penerbangan perdana, menurutnya, ditargetkan paling lama dimulai pada April 2022 mendatang. Karena saat ini pihaknya masih melakukan perampungan pada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh PT. TransNusa Aviation Mandiri. “Jadi targetnya April sudah bisa komersial flight. Mudah-mudahan, kita doakan,” sebut Heri.

Untuk tahap awal ini, tambah Heri, secara keseluruhan PT TransNusa Aviation Mandiri mengoperasikan tiga unit Airbus A320. Namun, nantinya pasa semester II atau akhir tahun akan ada tambahan dua pesawat dari ARG sehingga total ada lima pesawat yang dioperasikan dan salah satu rutenya masuk ke Bandara El Tari Kupang.

Dengan armada baru ini, diharapkan bisa memberi pilihan dan warna baru sehingga bisa mengangkat, tidak hanya sektor pariwisata tetapi juga ekonomi secara keseluruhan.

Untuk pesawat Airbus A320 ini, tutur Heri, kapasitas penumpang sebanyak 168 orang dan beberapa perlengkapan tambahan untuk lebih membuat nyaman penumpang.

Diketahui, pesawat itu hanya mendarat sekitar 20 menit di bandara El Tari Kupang, dan langsung terbang kembali ke Jakarta pada pukul 18.00 Wita. (r2)

  • Bagikan