Desa Kakaniuk Terima Mahasiswa KBPM UKAW Kupang

  • Bagikan

BETUN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Masyarakat Desa Kakaniuk, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka menerima kedatangan 22 orang mahasiswa dari Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Kamis (3/2). Para mahasiswa ini didampingi Damaris Y. Koli selaku Dosen Fakultas Ekonomi UKAW.

Dalam acara perkenalan, Damaris mengungkapkan bahwa kehadiran para mahasiswa di Malaka bertujuan menjalankan proses kegiatan belajar dan pendampingan masyarakat (KBPM). “Kami datang untuk belajar bersama-sama dengan masyarakat, berproses bersama karena masyarakatlah tempat belajar dan sosialisasi yang sesungguhnya,” kata Damaris dalam keterangan tertulis Diskominfo Malaka, Jumat (4/2).

Damarim melanjutkan, para mahasiswa akan menjalani KBPM selama satu bulan dengan memfokuskan diri pada tiga program utama yang diusung, yakni tentang BUMDes, penanganan stunting, dan sosial kemasyarakatan dalam kaitan dengan gereja.

“Bersama para mahasiswa, kami akan memfokuskan diri dan memberi perhatian penuh pada tiga program ini. Mungkin waktu satu bulan sangat singkat tapi semoga ada nilai yang bisa diperoleh masyarakat selama pendampingan,” ujarnya.

Damaris menyebutkan, UKAW menjatuhkan pilihan untuk melakukan pendampingan di Desa Kakaniuk karena berdasarkan browsing internet, ada hal menarik terkait soal pengelolaan BUMDes di wilayah itu.

“Kami temukan bahwa di Desa Kakaniuk pengelolaan BUMDes-nya bagus sehingga perlu ditingkatkan. Karena itu kami jatuhkan pilihan di Kakaniuk untuk pendampingan optimalisasi dan hasil usahanya,” ujarnya seraya mengharapkan adanya sinkronisasi dan kolaborasi yang kondusif antara masyarakat dan mahasiswa.

Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk pada kesempatan yang sama mengucapkan selamat datang dan berterima kasih karena pihak UKAW Kupang memilih Kakaniuk sebagai tempat belajar dan mengabdi dari para mahasiswa.

“Selamat datang dan selamat berproses bersama masyarakat di tempat ini. Semoga mahasiswa betah berada di sini dan belajar bersama kami untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,” ungkap kepala desa perempuan yang sudah dua periode memimpin ini.

Petronela melanjutkan, pihaknya akan terbuka dan dengan lapang dada belajar bersama mahasiswa untuk mendapatkan format yang lebih tepat dan sesuai perkembangan zaman. “Pasti banyak yang akan kami belajar dari para mahasiswa. Dan kehadiran para mahasiswa bisa menambah ilmu bagi kami terutama dalam mendukung program kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Malaka dalam berbagai aspek kehidupan,” tuturnya lagi.

Sebagai informasi, kehadiran para mahasiswa pada KBPM ini dari berbagai lintas ilmu seperti Pertanian, Perikanan, Hukum, FKIP, dan Ekonomi. Kegiatan tersebut akan berakhir pada 5 Maret 2022 mendatang. (*/aln)

  • Bagikan