DPRD Kota segera Rotasi AKD, Begini Komposisinya

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-DPRD Kota Kupang segera melakukan rotasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, mengatakan, dalam satu dua hari ke depan, pihaknya melakukan rapat Paripurna untuk menentukan AKD yang baru. “Pimpinan masih menunggu surat dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD. Begitu semua masukan, akan segera diproses,” ujar Yeskiel Loudoe saat diwawancarai di kantor DPRD Kota Kupang, Senin (7/2).

Menurut Yeskiel, sesuai jadwal, bulan ini harusnya sudah memulai semua tahapan dan proses untuk perubahan AKD karena sudah berjalan dua setengah tahun, sehingga dua setengah tahun berikutnya sudah harus diubah sesuai keinginan fraksi masing-masing.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli mengatakan, untuk formasi di komisi-komisi, PDIP tetap pada komposisi awal. “Sementara untuk AKD Badan Anggaran, Bapemperda, Badan Musyawarah, masih menunggu rapat fraksi dan partai,” katanya.

Untuk tempat ketua-ketua komisi, demikian Adi Tallu, masih akan dirapatkan dan melihat dari dinamika yang terjadi.

BACA JUGA: Terkait Koalisi Fraksi di DPRD Kota Pecah, Pengamat: Parpol tidak Dewasa

BACA JUGA: Koalisi Hanura, PSI, PPP di DPRD Kota Pecah, Jefta Sooay: Komitmen tidak Jalan

Terpisah, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Kota Kupang, Juvensius Tukung, mengaku, untuk formasi komisi, ada beberapa perubahan. Anggota Fraksi NasDem Jabir Marola bergeser ke Komisi III. Sebelumnya Jabr berada di Komisi IV.

Selanjutnya, anggota Esy Bire ke Komisi I. Sebelumnya Esy berada di Komisi II. Kemudian Juven Tukung yang sebelumnya di Komisi I, bergeser ke Komisi II, dan Siqvrid Basoeki dari Komisi III bergeser ke Komisi IV.

“Sementara untuk target ketua komisi, tentunya kita masih melihat peluang dan dinamika yang terjadi. Partai politik tentunya berkeinginan untuk mendapatkan kursi ketua komisi,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Hanura dan Berkarya, Dominggus Kale Hia, mengatakan, untuk koalisi Hanura-Berkarya, sudah ada pembahasan. Dari pembahasan itu disepakati bahwa Satrio Pandie anggota Partai Berkarya duduk di Komisi III dan menjadi anggota Badan Anggaran (Banggar).

“Sementara untuk anggota Partai Hanura, saya sendiri (Dominggus Kale Hia, Red) akan duduk di Komisi IV dan menjadi anggota Badan Kehormatan. Diana Bire duduk di Komisi II dan menjadi anggota Badan Anggaran, sementara Mokrianus Lay akan duduk di Komisi I dan menjadi anggota Bapemperda,” jelasnya. (r2)

Perubahan AKD DPRD Kota Kupang:

Komisi I

1. Dominika Bethan
2. Esy Bire
3. Roni Lotu
4. Djainudin Lonek
5. Mokrianus Lay
6. Jemari Yosph Dogon
7. Ayu Witari Tallo
8. Dedi Patiwua
9. Yance Ndaumanu

Komisi II

1. Diana Bire
2. Djuneidi Kana
3. Zeyto Ratuarat
4. Juven Tukung
5. Anatji Ratu Kitu
6. Nining Basalamah
7. Barche Bastian
8. Roy Ricardus
9. Jusuf Abjena

Komisi III

1. Adrianus Talli
2. Tellendmark Daud
3. Thobia Pandie
4. Jabir Marola
5. Domi Taosu
6. Satrio Pandie
7. Adolof Hun
8. Ebet Manafe
9. Jefta Sooai
10. Maudy Dengah

Komisi IV

1. Theodora Ewalde Taek
2. Jhon G Seran
3. Dominggus Kale Hia
4. Siqvrid Basoeki
5. Alfred Djami Wila
6. Richard Odja
7. Livingston Ratu Kadja
8. Simon Dima
9. Yeki Feoh

SUMBER: Olahan TIMEX

  • Bagikan