FKPT Gelar Rikkes Bagi Personil TNI dan KBT Kodim 1605/Belu

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Personil TNI dan PNS KBT Kodim 1605/Belu melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) secara berkala oleh tim dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKPT) TNI AD Atambua. Rikkes yang dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap segala penyakit yang diderita anggota itu, berlangsung di Klinik FKTP, Atambua, Kabupaten Belu, Kamis (17/2).

Adapun kegiatan pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tekanan darah (tensi), pengukuran lingkar badan, pengukuran berat badan dan tinggi badan, konsultasi kesehatan dan pembersihan karang gigi.

Para personel Kodim 1605/Belu, baik personel militer, PSN maupun KBT yang mengikuti kegiatan pemeriksaan tersebut berjumlah 55 orang, tersebar di Kabupaten Belu dan Malaka.

Kepala FKTP TNI AD Atambua, Letda CKM dr. Muhammad Afif Shofwan Fa’iq kepada TIMEX, Kamis (17/2) mengatakan, kegiatan Rikkes itu difokuskan pada penyakit hipertensi (Darah tinggi).

Selain melakukan Rikkes, kata dr. Afif, tim dokter FKTP TNI AD Atambua juga membuka layanan konsultasi bagi personil militer, PNS, dan KBT Kodim 1605/Belu. “Dari hasil pemeriksaan kesehatan terdapat 12 personil yang mengalami darah tinggi sedangkan personil lainnya dalam kondisi sehat,” bebernya.

Letda CKM dr. Afif menjelaskan, kegiatan Rikkes ini bertujuan untuk mengetahui status dan kondisi kesehatan personil militer, PNS dan KBT, terutama yang berhubungan dengan penyakit kronis dan difokuskan kepada darah tinggi/hipertensi.

“Dengan pemeriksaan kesehatan ini bisa menjadi alat deteksi dini bagi personil militer, PNS, dan KBT Kodim 1605 sehingga dapat mengetahui penyakit yang diderita. Selanjutnya nanti bagi yang terdapat penyakit darah tinggi/hipertensi akan diarahkan untuk mengikuti kegiatan mingguan prolanis,” pungkasnya. (mg26)

  • Bagikan