BPBD Belu Catat Banyak Ruas Jalan Putus dan Rumah Tergenang Air

  • Bagikan

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belu mencatat banyak ruas jalan negara, jalan provinsi, maupun jalan kabupaten yang mengalami kerusakan akibat hujan deras yang mengguyur itu dan sekitarnya dalam sepekan terakhir.

Selain itu, terdapat pula beberapa rumah warga tergenang air setinggi 40 centimeter hingga 1 meter yang mengakibatkan mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Rumah yang terendam air itu di Kecamatan Kakuluk Mesak, jalan putus itu di Kecamatan Raihat, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kecamatan Raimanuk, dan Kecamatan Tasifeto Timur,” ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Belu, Imelda H. Lotuk kepada TIMEX, Selasa (1/3).

Plt. Kepala BPBD Belu, Imelda H. Lotuk. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

Menyikapi bencana Itu, kata Imelda, pihaknya telah berkoordinasi dengan lintas sektor, seperti Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera menyikapi kerusakan yang ada akibat bencana.

Selain itu, lanjut Imelda, pihaknya juga telah memberikan bantuan tanggap darurat kepada masyarakat terdampak bencana banjir maupun longsor di wilayah Kabupaten Belu.

“Untuk jalan yang rusak dan putus itu, kita sudah sampaikan ke Dinas PUPR untuk mendata dan menindaklanjuti. Sementara untuk lahan pertanian yang rusak sudah diserahkan kepada Dinas Pertanian. Sementara bantuan tanggap darurat juga sudah kita serahkan kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya. (mg26)

  • Bagikan