Hadiri Pengukuhan PSMTI, Bupati Paulina: Mari Kita Bangun Rote Ndao

  • Bagikan

BA’A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, menghadiri pengukuhan Penguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Rote Ndao, di Hotel New Ricky, Kamis (10/3). Bupati Paulina hadir bersama Wakil Bupati, Stefanus M. Saek, serta sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Saat memberi sambutan, Bupati Paulina mengatakan, selama di Rote Ndao, dirinya tidak pernah mengetahui adanya etnis Tionghoa. Dirinya menyebut, semua orang sudah menyatu sebagai etnis Rote Ndao.

“Kebetulan saja bermarga Tionghoa. Tetapi kita tidak menganggap itu. Karena kami selalu menganggap bahwa kita semua adalah satu, satu di dalam Tuhan,” kata Bupati Paulina disambut riuh tepuk tangan.

“Mari, kita sama-masa membangun Rote Ndao, yang kita cintai ini sesuai porsi kita masing-masing. Kami juga mengharapkan dukungan dari paguyuban ini,” sambungnya.

Bupati Paulina juga tak menampik dukungan yang sudah diberikan kepada pemerintah. Sebab, kebanyakan pelaku usaha di Rote Ndao merupakan warga bermarga Tionghoa.

Oleh sebab itu, Bupati Paulina memberi apresiasi atas kehadiran paguyuban itu, dan mengaku bahwa kemajemukan merupakan kekuatan. Mari saling menjaga dan tidak membeda-bedakan.

Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSMTI Rote Ndao periode 2022-2026, dilakukan Ketua PSMTI NTT, Hengki Lianto. Dan Bupati Paulina dalam kepengurusan itu duduk sebagai pelindung. Kemudian, Marthence Suwongto, Johanis Bouk, dan Henry John Mesach sebagai dewan kehormatan.

Di kursi Dewan Penasehat, ada Efendy Yoseano, Ronny Suwongto, Jemmy Elim, Reinhard Tolla, Kristianus Penna, dan Helmy J. Tolla. Dewan Pemeriksa Keuangan, Adnan Budiman, Herryson Suwongto, dan Viktor John Mesach.

Berikut Struktur Kepengurusan DPD PSMTI Kabupaten Rote:

Ketua: Hosea Elim
Wakil Ketua I: Yanson Reta
Wakil Ketua II: Dicson Suwongto
Sekretaris: Bruce King Nitte
Wakil Sekretaris: Erwin John Mesach
Bendahara: Peggy Tunggal Manuain
Wakil Bendahara: Ricky Suwongto

Bidang Hukum dan HAM:
Ketua: Yermy Tjong
Anggota: Kheren Elim, Pace Malelak

Bidang Pemuda dan Olahraga:
Ketua: Raymond Tunggal Manuain
Anggota: Bernaed Andri dan Erwin Penna

Bidang Sosial dan Humas:
Ketua: Junedy Suwongto
Anggota: Yulius Samapati dan Rudi Hartono

Bidang Pemberdayaan Ekonomi:
Ketua: Jefry Suwongto
Anggota: Andre Elim, Edward Elim, dan Mario Suwongto

Bidang Kesehatan dan Pelayanan:
Ketua: Chintia Tunggal Manuain
Anggota: Deddy Hendro Reta, Cliffin Ricardo Reta, dan Ningsih Elim Manafe

Bidang Perlengkapan Umum:
Ketua: Edwar Bityn Berek
Anggota: Noldy Panie, Irene John Mesach, Michael Suwongto, dan Lesmana Elim

Bidang Mitra dan Kelembagaan:
Ketua: George Penna
Anggota: Steve Tanoni, Roy Suwongto, dan Robiyanto Tolla

Bidang Pendidikan dan Kebudayaan:
Ketua: Edi Lili
Anggota: Jems Theopilus Malelak, Robby Elim, dan Stanley Panie.

Ketua PSMTI NTT, Hengki Lianto kepada TIMEX usai pengukuhan, mengatakan, fokus PSMTI selain mendukung pemerintah daerah, juga bergerak dalam kegiatan sosial. Misalnya, membantu masyarakat korban bencana alam, seperti banjir dan bencana alam lainnya.

Kehadiran PSMTI, sebut Hengki, untuk menjangkau keluarga terdampak. Itu dilakukan melalui survei dan diputuskan dalam rapat bersama dewan pengurus. “Selain terlibat dalam kegiatan sosial, PSMTI juga ingin mendukung seluruh program Pemerintah Kabupaten Rote Ndao. Saya berharap, pengurus yang baru dilantik tentunya bisa bekerja keras serta saling berkomunikasi,” kata Hengki. (mg32)

  • Bagikan