Kepala BNN Rote Ndao Pungut Sampah Sambil Kampanye P4GN di Pasar Busalangga

  • Bagikan

BA’A, TIMEXKUANG.com-Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao, Raden Bogie S. P. Nusa, melakukan aksi pungut sampah di Pasar Busalangga, Rabu (9/3). Aksi tersebut merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HUT BNN ke-20.
Kegiatan ini melibatkan sejumlah personel dari Polsek Rote Barat Laut dan para pegawai BNN.

Sebagaimana terpantau media ini, sampah-sampah yang bertebaran di lingkungan, dipungut satu per satu. Sampah-sampah itu kebanyakan merupakan sampah plastik. Ada juga sampah kertas dari dos rokok. Dan karena tidak dibuang di tempatnya, sehingga bertebaran kemana-mana karena di tiup angin untuk sampah plastik.

“Ini kan tempat bertemunya orang-orang. Dan dimana-dimana pasti ada saja. Ada sampah plastik, yaitu bekas kemasan es, kantong plastik, gelas air mineral. Banyak juga sampah kertas dari bekas bungkusan. Kulit rokok dan lain-lain,” kata Kepala BNN Rote Ndao, Raden Bogie S. P. Nusa, kepada TIMEX, di Pasar Busalangga, Rabu (9/3).

Aksi tersebut, menurutnya merupakan kegiatan bakti sosial (Baksos) dalam rangka memperingati hari lahirnya BNN ke-20, juga BNNK Rote Ndao 20 tahun mengabdi menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

“Kami melakukanya dalam bentuk Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE). Sebagai bentuk kepedulian serta ingin mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sekaligus mengimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes) dalam melakukan aktifitas di luar rumah,” sambungnya.

Pemilihan lokasi di pasar, menurutnya merupakan tempat pertemuan orang dalam jumlah yang banyak. Sehingga dengan memanfaatkan pertemuan tersebut, sekaligus dilaksanakan kampanye Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta meminta dukungan kepada masyarakat.

Pantauan TIMEX, aksi tersebut langsung menggunggah warga yang sedang berada di dalam pasar tersebut. Beberapa penjual dan pembeli, dengan sadar membersihkan sendiri dengan cara mengumpulkan sampah yang berada di sekitarnya.

“Pasar ini kan area publik yang sangat strategis. Sehingga kami bisa lebih maksimal melaksanakan KIE. Selain bersih-bersih, kita juga bagi-bagi masker, kepada saudara-saudara kita di sini yang kebetulan tidak memakainya,” kata Raden Bogie.

“Kami terus mengajak warga untuk mendukung Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) demi Rote Ndao Bersinar,” pungkasnya. (mg32)

  • Bagikan