3 KUBE di Matim Dapat Armada Tangkap Ikan, Yohanes Rumat: Hasil Perjuangan Aspirasi Rakyat

  • Bagikan

BORONG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tiga Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), mendapat tiga unit armada penangkapan ikan dari Pemerintah Provinsi NTT, Sabtu (19/3). Tiga armada itu terdiri dari dua perahu motor ketinting dan satu kapal motor.

Ketiga KUBE penerima bantuan itu, yakni KUBE Nener Cepi Watu dan Kelompok Usaha Kepatang Cepi Watu di Desa Nanga Labang. Dua kelompok ini, masing-masing mendapat satu unit perahu motor ketinting. Sementara satu KUBE, yakni kelompok Maju Bersama Kampung Nggeok, Kelurahan Ranaloba, mendapat bantuan berupa satu unit kapal motor penangkap ikan berkapasitas 3 GT.

Semua bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh anggota DPRD NTT Daerah Pemilihan (Dapil) Manggarai Raya, Yohanes Rumat, SE, bertempat di Pantai Cepi Watu, Desa Nanga Labang, Borong. Bantuan ini diterima oleh ketua masing-masing KUBE dan dihadiri anggota kelompok. Hadir saat itu istri Yohanes Rumat, Nur Ningsih.

“Bantuan tiga unit armada penangkapan ikan ini, semuanya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) NTT. Bantuan itu diberikan atas aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada saya sebagai anggota DPRD Provinsi NTT,” ujar Yohanes Rumat kepada TIMEX usai menyerahkan bantuan itu, Sabtu (19/3).

Yohanes menyebutkan, bantuan armada penangkap ikan ini merupakan perjuangan aspirasi masyarakat oleh anggota dewan tahun anggaran 2021 lalu. Tentu baru direalisasikan tahun ini atas kesepakatan DPRD dengan Pemprov NTT. Bantuan ini tak cuma bagi nelayan di Matim, tapi bagi sejumlah kelompok nelayan yang tersebar di kabupaten lainnya di NTT.

“Bantuan seperti ini menyebar di seluruh NTT. Secara kebetulan saya sendiri DPRD Provinsi dari Dapil Manggarai Raya, dan saya ambil di Matim. Bantuan ini juga atas kebutuhan para nelayan melalui KUBE,” jelas Yohanes Rumat.

Dikatakan, bantuan itu diberikan oleh pemerintah, untuk membantu peningkatan ekonomi nelayan tradisional. Nelayan yang mendapatkan bantuan itu, berharap untuk bisa menjaga dan menggunakan dengan baik. Guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi keluarga dari anggota kelompok itu sendiri.

“Bantuan ini diberikan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dari para anggota kelompok. Karena itu masyarakat yang mendapatkan bantuan ini mempunyai tanggung jawab dengan cara menjaga dan merawatnya dengan baik. Tidak boleh dijual atau dibiarkan mubazir,” tegas Rumat.

Anggota kelompok usaha Nener Cepi Watu, Siti Habiba, dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat yang telah memperjuangkan aspirasi mereka. Bantuan yang diterima oleh kelompok nelayan ini, kata Siti, sangat membantu untuk mendukung usaha penangkapan ikan yang digeluti.

“Alhamdulillah, terima kasih untuk Bapak Yohanes Rumat yang sudah memperjuangkan aspirasi kami. Perahu ketinting yang kami minta, sudah kami terima. Kami sangat senang dan ini sangat berguna untuk usaha kami profesi nelayan. Tentu tujuan untuk peningkatan ekonomi kami sebagai nelayan,” ungkap Siti.

Siti berharap agar Sekertaris Komisi V DPRD NTT ini terus memperjuangkan bantuan modal usaha bagi kelompok yang ada. Pengurus dan anggota kelompok hanya bisa berdoa, semoga apa yang diperjuangkan oleh DPRD itu, bisa terjawab. Bantuan yang sudah ada, tentu pihaknya akan merawat dan menggunakan dengan baik. (*)

Penulis: Fansi Runggat

  • Bagikan

Exit mobile version