Jelang Pemilu 2024, Aktivis Minta Warga Kabupaten Alor Jaga Kamtibmas

  • Bagikan

ALOR, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak telah ditetapkan dan akan berlangsung pada 2024 mendatang. Pihak penyelenggaraan mulai melakukan persiapan menuju tahapan.

Semua tahapan yang akan dilakukan tersebut diharapkan mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan berlangsung aman serta kondusif.

Untuk memastikan proses pemilihan itu berlangsung aman dan tertib, warga Kabupaten Alor, Provinsi NTT diminta menciptakan suasana kondusif atau menjaga Kamtibmas demi suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Untuk itu masyarakat diminta mendukung program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menciptakan kamtibmas.

Permintaan tersebut disampaikan sejumlah warga dan aktivis di Kabupaten Alor yang tergabung dari berbagai komunitas di daerah itu, Sabtu (26/3).

Djitro Botpada, aktivis Hukum dan Demokrasi Kabupaten Alor berharap, seluruh warga Nusa Kenari dapat menciptakan suasana Kamtibmas yang aman dan kondusif agar persiapan hingga pelaksanaan berbagai tahapan Pemilu tahun 2024 berlangsung sukses.

“Kami mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung kegiatan atau program Kamtibmas dari Polri,” ujar Djitro yang tergabung dalam komunitas mahasiswa dan aktivis pro demokrasi, yakni Ikatan Mahasiswa Asal Pulau Pantar, karyawan yang bekerja di wilayah Pelabuhan Kalabahi, dan Masyarakat Peduli Hukum dan Demokrasi Kabupaten Alor.

Gino, salah seorang karyawan di Pelabuhan Kalabahi mengungkapkan, Pemilu dan Pilkada merupakan pesta demokrasi yang membutuhkan partisipasi masyarakat. Terutama dalam menciptakan suasana Kamtibmas yang sejuk, aman, dan damai. Tujuannya agar Pemilu dan Pilkada tersebut berlangsung sukses.

“Saya mengajak masyarakat untuk ciptakan suasana Kamtibmas yang kondusif, baik menjelang maupun saat pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Kita jangan membuat kegiatan atau hal-hal yang bertentangan dengan aturan, baik dalam kehidupan setiap hari secara nyata maupun di media sosial,” pinta Gino.

Gino berharap, masyarakat dapat membantu aparat keamanan di lingkungan masing-masing. Jika ada yang membuat kegaduhan dapat segera diselesaikan atau melaporkan kepada pihak keamanan untuk menyelesaikan.

Sementara itu, mahasiswa asal Pulau Pantar mengajak masyarakat untuk mendukung Polri dalam upaya menjaga Kamtibmas menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Masyarakat diminta untuk menjadi Polisi bagi dirinya sendiri maupun di lingkungan masyarakat sebagai pilar dalam menciptakan Kamtibmas jelang pelaksanaan Pemilu. (r3)

  • Bagikan