Kopjas KMM Gelar RAT Pertama, Kadis Nakertrans Mabar Beri Apresiasi

  • Bagikan

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Koperasi Jasa Komodo Mandiri Makmur (Kopjas KMM) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk pertama kali tahun buku 2021 yang berlangsung di sekertariat kantor itu, di Labuan Bajo, Jumat (1/4).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, dan UKM Manggaraii Barat (Mabar), dr. Theresia P. Asmon bersama sejumlah staf serta anggota koperrasi itu.

Ketua Kopjas KMM, Andito dalam laporan pertanggungjawabanya mengatakan, untuk RAT pertama tahun buku 2021 ini, jumlah anggota koperasi per 31 Desember 2021 sebanyak 22 orang. Sementara calon anggota berjumlah 25 orang. Sedangkan di bidang keuangan saat ini, modal koperasi terdiri dari simpanan pokok senilai Rp 11.000.000, simpanan wajib Rp 12.100.000, dan simpanan jasa usaha Rp 4.500.000. Dengan demikian, total modal koperasi sebesar Rp 27.600.000.

Tidak hanya itu, besaran simpanan pokok per anggota dipatok senilai Rp 500.000, dan besaran simpanan wajib per anggota senilai Rp 50.000. Sedangkan simpanan jasa usaha besarnya tergantung kemanpuan masing-masing anggota.

Dikatakan, untuk pendapatan jasa tahun 2021 senilai Rp 4.500.000 itu sudah digunakan untuk sejumlah item biaya, seperti biaya ATK senilai Rp 500.000, sewa kantor Rp 2.500.000, dan biaya RAT Rp 1.500.000. Total pengeluaran senilai Rp 4,5 juta, dengan demikian, sisa hasil usaha tahun buku 2021 adalah nihil.

Kepala Dinas Nakertrans Koperasi dan UKM Mabar, Theresia P. Asmon memberi apresiasi atas kerja koperasi yang dibentuk saat pandemi. Dinas Nakertrans, kata Theresia, sangat mendukung koperasi ini karena bergerak disektor jasa usaha transportasi wisata.

“Ini sangat luar biasa karena pendiri koperasi bisa mampu menarik anggota disaat pandemi sehingga saya sangat apresiasi ini,” tandasnya.

Oleh karena itu, lanjut Theresia, instansinya memiliki komitmen dan dukungan untuk melakukan pendampingan teknis, serta siap bersinergi dengan sektor lain. “Karena koperasi ini lebih banyak bergerak ke jasa usaha transportasi wisata, maka kita akan berusaha meningkatkan penguatan kualitas, kapasitas, dan kemampuan selain pengurus juga para anggota. Kita dukung dengan peningkatan kapasitas pengurus dan anggotanya di jasa usaha wisata ini,” janjinya.

Theresia menambahkan, dirinya berharap sektor-sektor lain di Mabar bisa menginisiasi pembentukan koperasi-koperasi agar memberikan dampak bagi kemakmuran para anggotanya. (Krf7)

  • Bagikan