Konsumen Langsung Akad dan Miliki Rumah Impian

  • Bagikan

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Konsumen dapat langsung melakukan akad kredit rumah di pameran rumah BREILIAN yang diselenggarakan Real Estate Indonesia (REI) Provinsi NTT bersama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Bobby Pitoby selaku Ketua REI NTT pada Jumat (8/4/) mencatat telah 23 konsumen yang melakukan akad langsung selama penyelenggaraan pameran atau expo tersebut. Expo ini sendiri berlangsung di atrium Lippo Kupang sampai dengan tanggal 10 April 2022 mendatang.

Ia menyebut setelah akad, maka rumah langsung bisa ditempati oleh pembeli karena syarat akad ini sendiri adalah rumah yang telah 100 persen jadi.

Akad massal yang langsung dilakukan saat pemeran ini adalah yang pertama kalinya terjadi setelah 17 kali pameran atau expo seperti itu digelar REI NTT selama ini.

“Ini menunjukkan pada konsumen juga bahwa REI selain memberi sesuatu yang nyata, juga yang terbaik bagi konsumen,” sebut dia saat ditemui di lokasi pameran itu.

Ia menegaskan lagi 23 konsumen yang sudah melakukan akad ini bisa langsung mendapatkan rumah subsidi yang diinginkan.

Dengan akad massal langsung di pameran ini, kata dia, berpengaruh positif pada penyerapan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) perumahan subsidi di NTT dan memulihkan ekonomi NTT, khususnya Kota Kupang.

Sementara itu, Bobby Lianto selaku Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) NTT yang juga Ketua Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Daerah (BPOD) REI NTT membenarkan hal itu juga.

Ia menyebut ini merupakan langkah baru dan pertama kali setelah REI belasan kali menggelar Expo dengan BTN, Bank NTT dan kali ini BREILIAN Expo dengan BRI.

“Tetapi hari ini, pertama kali, di dalam acara langsung dilaksanakan akad massal,” ujarnya.

Akad ini dilakukan langsung karena unit-unit yang sudah ready atau telah siap dan juga selama ini terpengaruh pandemi. Sebelumnya diusulkan kepada BRI untuk eksekusinya yang cepat.

“Makanya kami ingin memberi tantangan kepada Bank BRI, bila pelayanan cepat, kami punya yang ready begitu ada pembeli langsung akad akhirnya,” katanya

Ia memberi apresiasi kepada BRI yang pertama kali pameran ini tetapi berani menunjukkan konsistennya dan melayani dengan cepat.

“Artinya dalam waktu beberapa hari ini mereka lembur semua untuk eksekusi dan puji Tuhan hari ini ada 23 akad kredit yang bisa tereksekusi,” tegasnya lagi.

Ada sekitar 5 notaris yang terlibat, juga dari beberapa perumahan dengan rincian tiap rumah yang berbeda-beda tentunya. Ia menyebut saat ini 23 transaksi yang akad, tetapi ke depannya akan ada lebih banyak lagi.

“Ini Sejarah, karena belum pernah terjadi seperti ini. Kalau akad massal biasa tetapi tidak saat pameran karena ini baru beli di pameran langsung akad, hanya dalam waktu dua hari,” ucap dia.

Baginya, ini suatu prestasi dari BRI dan menurutnya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang cepat karena pada bulan ini dapat terserap FLPP yang banyak dengan akad ini. (r2/rum)

 

 

  • Bagikan

Exit mobile version