Puskesmas Oesapa Lakukan Pendekatan Pelayanan

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Guna mempecepat pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, maka manajemen Puskesmas Oesapa menerapkan pola pendekatan pelayanan vaksinasi Covid-19 hingga ke tingkat RT. Sabtu (9/4), tim vaksinator dari Puskesmas Oesapa, didampingi Kepala Puskesmas Oesapa, dr Ovlian Manafe, difasilitasi anggota DPRD Kota Kupang, Daerah Pemilihan (Dapil) Kelapa Lima Kota Lama, Nining Basalamah, menggelar vaksinasi di wilayah RT 11/RW 05, Kelurahan Kelapa Lima.

 

Dari kegiatan vaksinasi ini, sebanyak 70 warga Kelapa Lima mendapatkan pelayanan vaksinasi. Baik kategori anak-anak maupun orang dewasa termasuk para lanjut usia (Lansia). Anggota DPRD Kota Kupang, Nining Basalamah mengatakan, pendekatan pelayanan vaksinasi di Kelurahan Kelapa Lima sudah dua kali digelar dan terlaksana atas kerja sama dengan Puskesmas Oesapa.

 

Menurut Nining, terlaksananya kegiatan tersebut merupakan permintaan dari masyarakat Kelurahan Kelapa Lima. Pasalnya, banyak masyarakat yang belum dilayani vaksinasi Covid-19. “Karena semua RT bisa mengajukan permintaan vaksinasi di wilayahnya dengan syarat data warga yang belum divaksin, baik itu dosis satu, dua maupun dosis ketiga (Booster),” jelasnya.

 

Dengan kegiatan tersebut, maka Nining berharap agat capaian vaksinasi di Kelurahan Kelapa Lima bisa sesuai dengan target yang ditetapkan. Dikatakan juga bahsa vaksinasi Covid-19 sangat penting, bukan agar tidak terpapar virus, namun bisa mengurangi atau meminimalisir risiko gejala Covid-19 yang dialami serta meningkatkan kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Vaksinasi Covid-19 Kota Kupang Capai 100 Persen

 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Oesapa, dr. Ovlian Manafe mengatakan, Dinas Kesehatan Kota Kupang menargetkan agat semua Puskesmas di Kota Kupang supaya melakukan pelayanan vaksinasi hingga 12.000 orang dalam sebulan.

 

“Jadi, pelayanan vaksinasi di Kelurahan Kelapa Lima ini merupakan salah satu upaya dari Puskesmas Oesapa untuk mendekatkan pelayanan vaksin kepada masyarakat dan diharaplan bisa mencapai target yang telah ditetapkan Dinas Kesehatan,” kata dr. Ovlian.

 

Dia mengatakan, pelayanan vaksinasi ini untuk semua baik itu pelayaran vaksin proses pertama, kedua dan booster.  “Kita juga memiliki stok vaksin yang cukup untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan semua jenis vaksin baik itu jenis AstraZeneca, Sinovac, Moderna dan Pfizer. Kalau Vaksin Sinovac itu lebih dikhususkan kepada anak-anak,” jelasnya.

 

Ovlian katakan, untuk pelayanan vaksinasi di Puskesmas Oesapa dilayani setiap hari, baik vaksin pertama, kedua dan booster. Puskesmas Oesapa juga membuka diri untuk berkolaborasi dengan lintas sektor untuk menggelar vaksinasi di titik-titik yang telah ditentukan.

 

“Salah satunya kegiatan vaksinasi di Kelurahan Kelapa Lima ini atas koordinasi dengan anggota DPRD Kota Kupang, Nining Basalamah. Kami sendiri memiliki tiga tim vaksinator yang bisa melayani dalam sehari sebanyak tiga titik,” pungasknya. (r2/gat)

  • Bagikan

Exit mobile version