Jadi Ketua KPU Terpilih, Hasyim Asy’ari Janji Kedepankan Integritas

  • Bagikan

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengambil sumpah dan melantik tujuh orang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027. Usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, para komisioner langsung melakukan rapat di kantor KPU RI.

Dalam rapat yang berlangsung demokratis itu, anggota KPU RI, Hasyim Asy’ari terpilih sebagai Ketua KPU periode 2022-2027. “Pertama tentu saja bismillah karena segala langkah kita mulai dengan bismillahirrahmanirrahim,” kata Hasyim saat menyampaikan sambutan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/4).

Hasyim menyampaikan, akan melanjutkan program KPU RI periode 2017-2022 yang dinilai baik. Bahkan dia memastikan, KPU periode kepemimpinannya akan berintegritas dalam rangka menyelenggarakan Pemilu.

“Jadi apa yang baik-baik terdahulu diwarisi kita lanjutkan kita perbaiki. Tapi yakin kita adopsi yang baik-baik kemudian kita kembangkan untuk kepemiluan, memperbaiki mekanisme baik integritas proses maupun integritas hasil,” ucap Hasyim.

Oleh karena itu, Hasyim mengharapkan kerja sama dari berbagai stakeholder dalam rangka penyelenggaraan Pemilu. “Kita tidak bisa bekerja sendirian, tentu saja bukan hanya KPU, kesekjenan sampai kepada KPPS. Pemilu pada dasarnya untuk kita dan dari kita semua yang menyelenggarakan,” tegas Hasyim.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu RI periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan yang digelar pukul 13.35 WIB itu didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 33/P Tahun 2022, tentang peemberhentian dan pengangkatan anggota Komisi Pemilihan Umum.

Adapun tujuh anggota KPU yang dilantik adalah, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. (jpc/jpg)

  • Bagikan

Exit mobile version