Segera Dicairkan BLT Migor

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kupang kini telah mempersiapkan data penerima yang akan mendapatkan dana bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng. Data yang disiapkan dan akan digunakan adalah data penerima program keluarga harapan (PKH).

Karena itu, kini data tersebut sementara disiapkan sambil menunggu petunjuk resmi atau ketentuan lebih lanjut dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia terkait penyaluran BLT minyak goreng.

“Sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) dari Kemensos ke kami. Jadi, kita masih menunggu juknisnya. Jika sudah ada maka akan segera kita salurkan” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodowyk Djungu Lape, Senin (11/4).

Karena belum ada juknis dari Kemensos terkait penyaluran BLT minyak goreng maka Dinas Sosial Kota Kupang terus menunggu sambil terus memantau perkembangan informasi penyaluran bantuan tersebut. Memang, kata Lodowyk, sesuai informasi yang disiapkan adalah para penerima PKH.

Data yang ada di Kota Kupang sendiri adalah 11.000 lebih penerima PKH. Sementara itu untuk penerima bantuan sembako, kata dia, sebanyak 14 ribu penerima.

“Kita siapkan data PKH dan BLT karena jika nantinya itu yang menjadi sasaran, maka kita langsung kirimkan,” katanya.

BACA JUGA:Salurkan BLT-DD, Bupati Rote Ndao: Jangan Pakai Foya-foya

BACA JUGA:Mensos Minta Anak Buahnya segera Bersih-Bersih Data PKH

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jelasnya, disebutkan bahwa penyaluran BLT minyak goreng alan dilakukan pada April hingga Juni ini dan akan dicairkan sekali pada April ini. Namun begitu mekanisme pasti apakah disalurkan ke rekening himpunan bank negara (Himbara) atau melalui Kantor Pos dan Giro Indonesia belum diinformasikan secara resmi.

Untuk penerima bantuan khusus sembako sendiri sebesar Rp 200 ribu, ungkapnya, sehingga bila ditambah dengan BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk 3 bulan maka totalnya Rp 500 ribu yang bisa diterima per penerima pada April ini.

“Data sasaran sudah ada dan begitu Kementerian Sosial top up dananya apakah lewat bank himbara atau lewat mekanisme kali lalu yakni lewat PT. Pos, kita belum tahu. Karena itu kita masijlh tunggu petunjuk lebih lanjut,” jelasnya.

Untuk PKH sendiri telah berjalan untuk triwulan pertama tahun 2022 ini dan sementara berproses untuk penyaluran triwulan kedua.

Kemensos RI sendiri juga telah menyiapkan link bagi masyarakat untuk dapat memeriksa data dirinya apakah termasuk sebagai penerima BLT Minyak Goreng atau tidak. Proses pengecekan dapat dilakukan melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/

Setelah masuk dalam website tersebut maka dapat mengikuti petunjuk dengam memasukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan lalu  masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai KTP, ketikkan delapan huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru. Terakhir klik tombol cari data. (r2/gat)

  • Bagikan