Rishian Krisna Jabat Kapolresta Kupang Kota

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali membuka gerbong mutasi dan merotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Korps Bhayangkara. Penyegaran dalam tubuh organisasi kepolisian selain dalam rangka promosi juga karena ada beberapa pejabat yang memasuki masa pensiun.

Sejumlah penjabat di lingkup Polda NTT,  turut dimutasi. Salah satu jabatan yang dipromosi yakni jabatan Kapolres Kupang Kota karena yang menjabat bukan lagi pejabat berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) melainkan harus berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

Hal ini karena Polres Kupang telah ditetapkan sebagai salah satu dari lima Polres yang ada di Indonesia yang naik tipe, dari tipe D/Polres ke tipe C/Polresta sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Nomor: B/42/M.KT.01/2022 tanggal 11 Januari 2022 yang ditandatangani Menteri PAN & RB, Tjahjo Kumolo.

Berdasarkan kenaikan tipe tersebut, maka melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/747/IV/Kep/2022, tanggal 13 April 2022, Kapolri menunjuk Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto untuk menjadi Kapolresta Kupang Kota mengantikan AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti yang dipercayakan menjabat sebagai Wadirpamobvit Polda NTT.

BACA JUGA:Kapolres Belu Minta Anggota Maknai Mutasi Sebagai Kebutuhan Institusi

BACA JUGA:Penyegaran di Tubuh Polda NTT, Kapolri Mutasi 11 Kapolres

Sedangkan jabatan Kabid Humas diisi, AKBP Ariasandy yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirlantas Polda NTT.  Selain itu, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Ama Kliment Dwikorjanto, juga dimutasikan sebagai Pati Itwasum Polri (dalam rangka pensiun) dan yang menggantikannya, Brigjen Pol. Heri Sulistianto. Sebelumnya Brigjen Heri menjabat sebagai Kasespimma Sespim Lemdiklat Polri.

Ada pula Dirreskrimum Polda NTT Kombes Pol. Eko Widodo juga diangkat dalam jabatan baru sebagai sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya TK III Baintelkam Polri. Dan yang menggantikannya adalah Kombes Pol Patar M.H. Silalahi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Sumatera Utara (Sumut).

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto ketika dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi jabagian di tubuh kepolisian tersebut. Dikatakan, rotasi jabatan merupakan hal biasa yang sering terjadi untuk menyegarkan organisasi kepolisian untuk terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait penunjukan dirinya sebagai pejabat baru di tingkat Polres dirinya menjelaskan, jabatan tersebut harus diduduki seorang polisi berpangkat Kombes karena sudah naik tipe.

“Benar. Saya juga ikut dimutasi ke Polres Kupang Kota. Pengganti saya adalah AKBP Ariasandy yang saat ini menjabat sebagai Wadirlantas Polda NTT,” kata mantan Kapolres TTU itu. (r3/gat)

  • Bagikan