Perayaan Paskah di NTT Aman dan Lancar

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Pelaksanaan hari raya Paskah 2022 di NTT berlangsung aman dan lancar. Hal ini berkat pengamanan dari Polda NTT dan dukungan semua masyarakat NTT. Kapolda NTT turun langsung memantau pengamanan di gereja.

Pada pengamanan kali ini, Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto turun langsung melakukan patroli dan pengecekan terhadap pelaksanaan pengamanan perayaan Paskah di Kota Kupang, Minggu (17/4).

Patroli dan pengecekan pangamanan yang dilakukan jenderal dua bintang itu didampingi Kabid Humas Polda NTT, Kapolres Kupang Kota, Koorspripim, Wakapolres Kupang dan Pejabat Polres Kupang Kota.

Adapun tempat pengecekan pengamanan oleh Kapolda NTT di antaranya Gereja PNIEL Oebobo, Gereja Santa Maria Assumpta Walikota, Gereja Paulus dan Gereja Santo Yoseph Naikoten di Kota Kupang.

Dalam pengecekan itu, Kapolda juga bertemu dan berkomunikasi dengan pastor, pendeta serta pengurus gereja untuk menanyakan keberlangsungan ibadah Paskah.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTT berkesempatan menyampaikan ucapan selamat merayakan hari raya Paskah kepada masyarakat yang mengikuti ibadah dan misa.

“Saya selaku Kapolda NTT berserta jajaran mengucapkan selamat hari raya Paskah 2022, semoga dengan hari Paskah ini bisa membawa kebangkitan dan kebaikan bagi kita semua,” ucapnya ketika bertemu umat dan pengurus di setiap gereja yang dikunjunginya.

Selain itu, orang nomor satu di Polda NTT ini juga melihat secara langsung kesiapan gereja dan penerapan protokol kesehatan saat perayaan misa berlangsung.

Kapolda NTT, Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan bahwa pengecekan ini dalam rangka Operasi Semana Santa Turangga 2022. “Saat ini Polda NTT dan jajaran sendang melaksanakan Operasi Semana Santa Turangga 2022. Ini merupakan operasi rutin untuk mengantisipasi kegitan Ibadah perayaan hari paskah bagi umat Nasrani,” ujarnya.

Ia juga mengatakan pengamanan dari pihak Kepolisian juga diperkuat dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat. “Semua berkolaborasi dan berkoordinasi serta PAM internal gereja juga luar biasa persiapan pengamanannya,” katanya.

BACA JUGA:Pastikan Keamanan, Kapolda NTT Pantau Pengamanan di Gereja

BACA JUGA:Paskah di Tengah Pandemi Covid-19

Dijelaskan, personel yang diturunkan dalam kekuatan penuh dimana setiap jajaran tidak hanya melakukan pengamanan di gereja, namun juga melakukan patroli skala besar serta melakukan sterilisasi di sekitar gereja.

“Selain melakukan pengamanan, Satuan Brimob Polda NTT juga melakukan sterilisasi terhadap gereja-gereja yang akan dilaksanakan ibadah oleh umat kristiani,” jelasnya.

Disampaikannya, dalam pengamanan perayaan Hari Raya Paskah, Kepolisian juga berharap dukungan masyarakat, hal tersebut sebagai wujud sinergitas dalam menciptakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Lanjutnya, personel yang diturunkan kekuatan penuh dimana setiap jajaran tidak hanya melakukan pengamanan di gereja, namun juga melakukan patroli besar-besaran serta melakukan sterilisasi di sekitar gereja.

“Alhamdulillah sampai saat ini situasi di wilayah Provinsi NTT masih terpantau aman dan kondusif. Kami juga mengajak semua komponen masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga Harkamtibmas agar tercipta situasi yang aman dan kondusif serta patuhi prokes”, tandasnya.

Diketahui sebanyak 924 orang personel yang dilibatkan dalam kegiatan ini mulai dari Polda hingga Polres (untuk Polda sebanyak 170 orang dan Polres sebanyak 754 orang). Untuk Polda NTT di BKO ke Polres Kupang Kota.

Pelaksanaan Operasi Semana Santa Turangga 2022 dalam rangka pengamanan Perayaan Paskah 2022 ini selama 12 hari terhitung dari tanggal 8 hingga 19 April 2022 di seluruh wilayah provinsi NTT dalam bentuk operasi pengamanan kegiatan dan bantuan perkuatan pada suatu wilayah dengan mengedepankan kegiatan preemtif, Preventif, Penegakan hukum dan deteksi dini.

Pdt Petterson Nailius ketika ditemui di Gereja Paulus mengaku proses perayaan paskah di gereja tersebut sejak awal berlangsung aman dan tertib.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Kapolda NTT atas keterlibatan personil dalam mengamankan dan memberikan rasa aman ketika menjalani ibadah di gereja tersebut.

“Kamu menyampaikan terima kasih atas dukungan kepolisian sehingga proses perayaan paskah tahun ini berlangsung aman dan lancar,” ujarnya. (r3/ito)

  • Bagikan