Internews-USAID Media Motivasi dan Dorong JW Kupang Melatih Kepekaan

  • Bagikan
Kegiatan mentoring Jurnalis Warga Kupang yang dihadiri perwakilan Internews-USAID Media, bertempat di OCD Cafe Lasiana, Kota Kupang, Rabu (27/4/2022). (FOTO: Dok JW Kupang)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ada yang istimewa dalam program kegiatan mentoring bulanan Jurnalis Warga (JW) Kota Kupang. Pada Rabu (27/4/2022) lalu, belasan JW Kupang dari berbagai latar belakang ini mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Program Manager Internews Indonesia-USAID Media, Firmansyah Syamsi dan Chief of Party (COP) USAID-Media Internews, Eric Sasono.

Bertempat di OCD Cafe, Pantai Lasiana, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang, para jurnalis warga didampingi Koordinator JW Kupang, Palce Amalo berdialog dengan Firmansyah dan Eric. Dalam pertemuan itu, Firmansyah berbagi pengalaman dalam hal liputan dan juga mendorong para JW untuk melatih kepekaan dengan lingkungan sekitarnya.

Firmansyah juga membagi kiat-kiat bagaimana menulis berita dengan mempertajam kepekaan lingkungan dan optimalisasi panca indra yang dimiliki.

Dalam kesempatan itu, para JW Kupang diminta menyampaikan hambatan dan kendala yang dihadapi selama belajar menjadi seorang jurnalis warga. Bagaimana meliput, mewawancarai narasumber, hingga proses penulisan berita.

"Dalam melakukan proses peliputan, hal yang terpenting adalah mempertajam analisis atau observasi lapangan, ketimbang melakukan sebuah wawancara. Maksudnya, harus mengabadikan suatu momen kejadian secara mendetail agar menghasilkan suatu berita yang baik. Memanfaatkan panca indera, terutama indera pengelihatan kita, serta melatih kepekaan terhadap lingkungan sekitar kita,” tutur Firmansyah.

Akhir dari pertemuan itu, memang di harapakan partisipan dapat menyimak secara baik dan mampu mengemplementasikan dalam sebuah tulisan berita yang berkualitas, serta memotivasi para jurnalis warga dalam kinerjanya. (*)

Penulis: Angga Huan (Jurnalis Warga)

  • Bagikan