Umat Muslim Bersyukur, Tahun Ini Bisa Salat Id Bersama

  • Bagikan
SALAT ID. Umat Muslim Kota Kupang kembali melaksanakan Salat Id berjamaah di area parkir Lippo Plaza Kupang, Senin (2/5). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Umat Muslim Kota Kupang kembali melaksanakan Salat Id hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di sejumlah masjid dan lapangan terbuka. Salah satu titik Salat Id di halaman parkir Lippo Plaza Kupang, Senin (2/5).

Salat Id tahun ini lebih ramai dibandingkan dua tahun sebelumnya, lantaran pandemi Covid-19. Meski Kota Kupang saat ini tengah berstatus Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II sejak 26 April hingga 9 Mei, namun umat Muslim dengan khusuk menjalani Salat Id dengan lancar.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang memang menyiapkan juga sejumlah lapangan terbuka diantaranya Lapangan TNI-AD Kuanino, Lapangan Korem 161/Wirasakti, Lapangan Polda NTT, Halaman Masjid Nurul Hikmah Tenau, Lapangan TNI-AL, Lapangan Brimob Polda NTT, Hanggar Sukhoi Lanud El Tari Kupang, juga Area Parkir Lippo Plaza Kupang.

Terpantau TIMEX, umat Muslim mendatangi halaman Lippo Plaza Kupang sejak pukul 05.30 Wita dan segera merapatkan shaf. Salat Id di lokasi ini dimulai sekira pukul 06.45 Wita. Salat Id ini diikuti umat Muslim di wilayah Masjid Baiturrahman Perumnas, Kelurahan Fatululi. Imam Salat Id adalah H. Muhammad Saidi.

Penerapan protokol kesehatan Covi-19 tetap berlangsung ketat. Umat Muslim yang datang langsung dibagikan masker oleh panitia.

Ikshan, salah seorang umat menyebut Salat Id yang dilakukan bersama di tempat terbuka setelah dua tahun dilanda pandemi ini tidak akan dilewatkan setelah sebulan menunaikan ibadah puasa.

Menurutnya, ibadah ini menjadi momentum berkumpul bersama umat Muslim lainnya di suatu lokasi ini, baik baginya dan keluarga dalam perayaan Idul Fitri tahun ini. "Kita bersyukur karena dua tahun tidak bisa Salat Id bersama karena Covid-19, dan sekarang kembali lagi kita Salat Id bersama. Ini jadi kesempatan yang baik untuk kita pagi ini ada di sini," katanya. (r2)

  • Bagikan