Arus Balik Pelintas di PLBN Mota’ain Alami Peningkatan

  • Bagikan
RAMAI: Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) Tampak Ramai saat melintas di PLBN Motaain, Kamis (5/5). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Arus balik Lebaran 2022 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota'ain, batas negara antara Indonesia dan Timor Leste mengalami peningkatan signifikan dari aktifitas pelintas batas di hari biasanya.

Berdasarkan rekapitulasi perlintasan orang di gedung kedatangan PLBN Motaain, Kamis (5/5) menunjukkan, jumlah pelintas yang masuk wilayah Indonesia sebanyak 112 orang, baik WNI maupun WNA. Sehari sebelumnya berjumlah 152 orang.

Peningkatan jumlah perlintasan PPLN pemegang paspor Indonesia yang masuk ke wilayah Indonesia akan terus meningkat beberapa hari ke depan mengingat liburan hari Idul Fitri akan segera berakhir.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, K. A. Halim kepada TIMEX, Kamis (5/5), mengatakan, jumlah Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) pemegang paspor Indonesia yang masuk kembali ke wilayah Indonesia mengalami peningkatan dari hari sebelumnya.

Dikatakan, jumlah PPLN yang masuk ke Indonesia selama dua hari terakhir, yakni 4 - 5 Mei, tercatat sebanyak 264 orang, baik WNI maupun WNA. Sedangkan pelintas yang meninggalkan wilayah Indonesia di gedung keberangkatan selama dua hari berjumlah 215 orang, baik WNI maupun WNA.

"Selama dua hari terakhir ini memang ada peningkatan untuk PPLN. Hal ini disebabkan oleh arus balik Lebaran. Peningkatan ini juga jauh dibandingkan dengan hari-hari biasanya," kata Halim.

Halim menambahkan, adapun tujuan PPLN pemegang paspor Indonesia keluar wilayah Indonesia dalam rangka melakukan liburan dan mengunjungi keluarga yang berada dan menetap di Timor Leste.

Menurut Halim, tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) Mota'ain dibuka normal dengan jam pelayanan dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita. "Meskipun Hari libur Lebaran namun Pelayanan di PLBN Mota'ain tetap dibuka normal," ujarnya.

Perlintasan orang baik WNI maupun WNA yang masuk ataupun keluar wilayah Indonesia tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, Lanjut Halim, petugas Imigrasi di TPI PLBN Mota'ain juga tetap menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan dalam pelayanan keimigrasian. "Sejauh ini tidak ada kendala dalam pelayanan di TPI Motaain. Semuanya berjalan lancar dan sesuai protap," pungkasnya.

Salah seorang pelintas batas, Asiku Soares kepada TIMEX di PLBN Mota'ain menyampaikan terima kasih kepada lintas sektor yang bertugas di PLBN Mota'ain, dan siaga melayani para pelintas setiap hari dengan baik dan nyaman.

"Tidak ada yang istimewa selain ungkapan terima kasih kepada seluruh petugas di PLBN Mota'ain yang telah melayani sesuai protap, disiplin menerapkan prokes dan ramah," katanya. (*)

Penulis: Petrus Usboko

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan