ASDP Tambah Kapal Antisipasi Puncak Arus Balik Rote-Kupang

  • Bagikan
PADAT. Antrean kendaraan roda dua atau sepeda motor terlihat padat di pelabuhan Pantai Baru yang akan berangkat ke Kupang, Sabtu (7/5). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao meminta tambahan kapal untuk melayani rute penyeberangan Rote-Kupang. Ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus balik libur lebaran.

Pasalnya, dalam beberapa hari ini, potensi kepadatan penumpang mulai terjadi. Begitu juga dengan jumlah kendaraan, baik roda dua, empat maupun juga enam atau lebih.

Supervisor ASDP Pantai Baru, Gabriel Da Silva mengatakan, berdasarkan sampel yang diperoleh dalam tiga hari terakhir, yakni Kamis (5/5) hingga Sabtu (7/5), puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu (8/5). Oleh sebab itu, perlu tambahan armada untuk mengangkut penumpang.

"Prediksi kita, puncak kepadatannya pada Minggu (8/5). Tapi kita mengantisipasi dengan menyiapkan 3 unit kapal. Satu Kapal dari Garda Maritim, dua kapal dari ASDP. Dan itu biasanya kami minta untuk disiapkan," kata Gabriel Da Silva, kepada TIMEX, yang ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (8/5).

Menurutnya, dalam tiga hari tersebut, masing-masing dua trip penyeberangan yang dilakukan dari pelabuhan Pantai Baru menuju pelabuhan Bolok Kupang. Dengan total penumpang, disebutnya lebih dari seribu orang.

Jumlah yang disebutkan itu merupakan penumpang pejalan kaki, belum termasuk penumpang yang berkendaraan. Dengan 6 kali trip penyeberangan, yakni pagi dan siang hari dalam tiga hari tersebut.

"Untuk penumpang, hari Kamis (5/5) trip pagi 196 orang, siang 269 orang. Jumat (6/5) pagi, 174 dan siang 259. Sabtu (7/5) 184 penumpang trip pagi dan 283 trip siang. Total penumpang pejalan kaki 1.363 ," kata Gabriel. "Sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak 586 unit, roda empat sebanyak 91 unit dan roda enam 40 unit. Jumlah ini data tiga hari," sambungnya.

Selain terhadap armada penyeberangan, Gabriel mengaku pihaknya melakukan tindakan antisipasi lainnya. Bahwa, untuk mengurai penumpukan penumpang, direncanakan untuk menambah loket pelayanan.

"Kita antisipasi untuk tambah 3 loket khusus untuk melayani penumpang. Karena saat ini untuk kendaraan masih cukup. Dengan loket-loket yang mau disediakan itu adalah dua loket untuk penumpang dan satu untuk kendaraan roda dua," ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini dua jasa penyeberangan yang digunakan untuk menyeberangkan penumpang Rote-Kupang, salah satunya adalah PT Multiguna Maritim. Dan untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, disiagakan satu unit lagi dari PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry. (mg32)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan