Kanim Kupang Perluas Wawasan Peran Strategis Staf Ahli Kemenkumham

  • Bagikan
DISKUSI VIRTUAL. Kepala Kanim Kupang Darwanto dan jajaran mengikuti diskusi daring Obrolan Peneliti (OPini) yang digelar Balitbang Hukum dan HAM, Selasa (17/5). (FOTO: KANIM KUPANG FOR TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang Darwanto beserta jajaran struktural mengikuti diskusi daring Obrolan Peneliti (OPini) terkait "Optimalisasi Peran Strategis Staf Ahli dalam Mengangkat Citra Positif Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia" yang diselenggarakan oleh Balitbang Hukum dan HAM secara Virtual.

Sosialisasi OPini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sri Puguh Budi Utami. Hadir Wakil Menteri dan para Staf Ahli di Kementerian Hukum dan HAM sebagai narasumber serta segenap insan Kemenkumham dari seluruh wilayah Indonesia.

"Penyelenggaraan diskusi ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan mengenai isu yang aktual dan relevan untuk dibicarakan selaras dengan program Corporate University pada Kementerian Hukum dan HAM," ucap Kepala Badan Balitbang Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami dalam sambutannya.

Selanjutnya, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Omar Sharif Hiariej, yang kerap disapa Eddy, dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa staf ahli berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menkumham. Secara administratif dikoordinasikan oleh sekretaris Jenderal Kemenkumham serta mempunyai tugas memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menkumham terkait bidang keahliannya.

Eddy juga menambahkan bahwa optimalisasi peran Staf Ahli Kemenkumham yang strategis sangatlah diperlukan. Serta berharap seluruh insan Pengayoman dapat berjalan selaras dan beriringan. "Ibarat sepatu, kita semua insan pengayoman adalah sepatu kanan dan kiri yang saling melengkapi dalam meningkatkan kinerja Kemenkumham," kata Eddy. (*/ito)

Setelah itu setiap Staf Ahli melakukan pemaparan sesuai bidang tugasnya masing - masing yang diawali dengan pemaparan peran strategis Kemenkumham dalam penanganan isu Polhukam dalam lingkup regional, nasional dan internasional oleh staf ahli bidang Politik dan Keamanan, Y. Ambeg Paramarta. Dilanjutkan oleh paparan Kinerja Kemenkumham untuk mendukung penyelesaian isu sosial masyarakat oleh staf ahli bidang sosial, Min Usihen.

Sementara itu, staf ahli bidang ekonomi, Luki Agung Winarto, menjelaskan mengenai strategi Kemenkumham dalam pemulihan ekonomi nasional serta penjelasan mengenai Mengawal Reformasi Birokrasi Kemenkumham menuju Dinamic Governance tahun 2025 yang dibawakan oleh Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Iwan Kurniawan.

Paparan diakhiri oleh penyampaian Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga, Dhahana Putra yang mengulas bagaimana Membangun Kolaborasi Antarlembaga Guna Penegakan Hukum serta Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan dan Pemenuhan HAM

Pada Sosialisasi OPini ini, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber terkait materi yang telah dipaparkan. Obrolan Peneliti (OPini) merupakan agenda diskusi daring bulanan yang digagas Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM dengan tagline "kritis mencerdaskan" dan diharapkan mampu menghasilkan perspektif yang kaya dan menciptakan kultur ilmiah di tengah masyarakat. (YP)

  • Bagikan