Sukses Percepat Layanan Lewat Digitalisasi Pengelolaan Arsip, BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan ANRI

  • Bagikan
PRESTASI. Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, BPJamsostek, Eko Yuyulianda dan Asdep Bidang Sekretariat Badan, Antony Sugiarto menerima penghargaan dari ANRI yang diserahkan MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (18/5). (FOTO: ISTIMEWA)

PEKANBARU-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek kembali mengukir prestasi dalam ajang penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

BPJamsostek sukses meraih peringkat III terbaik nasional dalam Kategori Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementrian dan Lembaga Non Struktural. Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BPJamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

Sebagai bentuk apresiasi atas capaian tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dan Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur Utama (Dirut) BPJamsostek yang diwakili oleh Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Eko Yuyulianda dan Asisten Deputi Bidang Sekretariat Badan, Antony Sugiarto di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (18/5).

MenPAN-RB, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyatakan bahwa pengelolaan arsip merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang selama ini terus digalakkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo menginginkan kemampuan Indonesia dalam mengelola arsip harus semakin baik, karena hal tersebut merupakan landasan bagi pemeritah dalam membuat kebijakan yang cepat dan tepat.

“Singkatnya, reformasi birokrasi itu adalah bagaimana pemerintah pusat dan daerah mempercepat proses perizinan, yang kedua mempercepat proses pelayanan masyarakat di semua tingkatan,” terang Tjahjo.

Sementara itu, di tempat terpisah, Dirut BPJamsostek, Anggoro Eko Cahyo menyatakan bahwa sejalan dengan tujuan pemerintah tersebut, BPJamsostek telah melakukan simplifikasi prosedur dan persyaratan klaim sehingga mampu memangkas masa tunggu klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Menurutnya, dengan menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), proses klaim hanya membutuhakan waktu 15 menit dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal tersebut merupakan salah satu bukti pemanfaatan arsip secara digital untuk memberikan kemudahan bagi para peserta BPJamsostek.

"Tentunya capaian yang sangat membanggakan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan BPJamsostek dan ini menjadi salah satu bukti keseriusan kami dalam mengelola arsip para peserta,  baik yang berbentuk fisik maupun digital secara aman, tertib dan akuntabel," terang Anggoro.

Anggoro menambahkan, saat ini BPJamsostek terus melakukan inovasi yang dimulai dengan merubah citra arsip menjadi lebih modern dan kekinian. Tak hanya itu, BPJamsostek juga tengah mengembangkan sistem kearsipan yang fully digital guna menjawab tantangan perkembangan teknologi di depan.

Sebagai informasi, tahun ini, proses pengawasan kearsipan diikuti oleh lebih banyak lembaga yang terdiri dari 34 Kementrian, 31 Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementrian dan Lembaga Non Struktural, 26 Lembaga Pemerintah Non Kementrian, 34 Pemerintahan Daerah Provinsi dan 508 Pemerintahan Kabupaten/Kota.

Selain itu, dalam upaya penguatan dan peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan pada setiap institusi tersebut, ANRI menggunakan instrumen penilaian yang baru, meliputi pengawasan kearsipan eksternal dan  internal.

"Semoga penghargaan ini mampu meningkatkan kinerja BPJamsostek dalam mewujudkan jaminan sosial ketenagakerjaan yang terpercaya, berkelanjutan dan menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia," harap Anggoro.

Terpisah, Pejabat pengganti sementara (Pps) Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Tarakan, Fahd Afkar Hakiki menyampaikan turut bersyukur atas pencapaian BPJS Ketenagakerjaan atas penghargaan pengelolaan arsip yang diselenggarakan oleh ANRI.

“Kami BPJamsostek Cabang NTT turut mendukung pengelolaan arsip sebagai bentuk jawaban atas perkembangan teknologi saat ini. Pengelolaan arsip atau dokumen-dokumen dari peserta baik itu dokumen pendaftaran, dokumen klaim jaminan di wilayah NTT sudah di kelola dengan baik, sehingga saat peserta atau pengurus perusahaan membutuhkan berkas yang berkaitan dengan kepesertaan atau pelayanan kami siap melayani dengan cepat,” jelasnya. (*/aln)

  • Bagikan