Bupati Paulina Canangkan BIAN Rote Ndao, Sasaran Imunisasi 31.506 Anak

  • Bagikan
IMUNISASI. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu didampingi Wabub Stefanus M. Saek, dan unsur Forkopimda menyaksikan pemberian imunisasi secara simbolis pada pencanangan BIAN, SD Negeri 2 Ba'a, Kecamatan Lobalain, Sabtu (21/5). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) resmi dicanangkan oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Sabtu (21/5). Waktu pelaksanaan bulan imunisasi itu berlangsung dari Mei hingga bulan Juni mendatang.

Pencanangan BIAN itu berlangsung di SD Negeri 2 Ba'a, Kecamatan Lobalain. Tiga siswa dari 277 di sekolah tersebut mendapat suntikan secara simbolis oleh petugas kesehatan, disaksikan langsung Bupati Paulina dan Wakil Bupati, Stefanus M. Saek.

Pencanangan BIAN tingkat Kabupaten Rote Ndao itu dilakukan dengan menabuh gong oleh Bupati Paulina. Sejumlah pejabat dari unsur Forkopimda, baik itu dari TNI/Polri juga Kejaksaan Negeri Rote Ndao, turut menyaksikan pencanganan itu.

Dalam sambutannya, Bupati Paulina mengajak seluruh orang tua untuk memastikan anaknya mendapat suntikan imunisasi, demi suksesnya pelaksanaan BIAN di Rote Ndao.

"Imunisasi merupakan salah satu kegiatan prioritas dan bentuk nyata untuk menurunkan angka kematian pada anak. Karena memberikan kontribusi besar dalam meningkatan Human Development Index (HDI) terkait dengan angka umur harapan hidup dan dapat menghindari kematian yang tidak dinginkan," jelas Bupati Paulina.

Bupati Paulina menegaskan, setelah pencanangan BIAN ini, para camat, kepala desa (Kades), dan lurah, agar berperan aktif di wilayah masing-masing sehingga semua anak di Rote Ndao dapat menerima imunusasi.

Ini agar target yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni pencapaian 100 persen imunisasi bisa tercapai.

"Minimal 90 sampai 95 persen pelaksanaanya. Tapi kita berharap 100 persen seperti yang ditetapkan secara nasional. Untuk itu saya harap perlu adanya komitmen semua stakeholders di Kabupaten Rote Ndao. Para camat, lurah, dan kepala desa harus menjalin koordinasi lintas sektor, lintas program, serta mitra terkait, agar BIAN dapat mencapai target yang ditentukan," tandasnya.

Sementara itu, terhadap sasaran pelaksanaan BIAN di Kabupaten Rote Ndao, ditetapkan sebanyak 31.506 orang anak. Jumlah ini untuk rentang usia dari 9 bulan hingga 12 tahun.

Jumlah tersebut dilaporkan oleh Dinas Kesehatan setempat sebagai penyelenggara BIAN. Sehingga tujuan dilakukan pencanangan tersebut adalah untuk untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mendukung terlaksananya kegiatan BIAN.

"Tujuan khususnya adalah sebagai upaya mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi terhadap penyakit Campak, Rubella, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Pneumonia, dan Meningitis," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Kabupaten Rote Ndao, Eden I. Bell saat dalam laporannya. (mg32)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan