Meriahkan Harlah Pancasila, Pemerintah Sosialisasi Gerakan Cinta Rupiah dan Vaksinasi Massal

  • Bagikan
ILUSTRASI. Kegiatan vaksinasi massal bertempat di samping LED Cafe Jalan Gatot Soebroro, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende, Jumat (20/5/2022). Pemerintah meminta meningkatkan cakupan vaksinasi dengan vaksin booster. (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Mengawali peringatan Hari Lahir Pancasila (Harlah) Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende menggelar sosialisasi gerakan cinta rupiah dan vaksinasi massal. Dua kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende, Bank Indonesia (BI), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Bank NTT.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Jumat (20/5) dan Sabtu (21/5), bertempat di samping LED Cafe Jalan Gatot Soebroro, Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur, Kabupaten Ende.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  (Kaban Kesbangpol) Provinsi NTT, Yohanes Oktavianus melalui kepala Bidang Idiologi, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Medi Pelo mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2022.

"Kita awali seluruh kegiatan dengan sosialisai gerakan cinta rupiah dan vaksinasi massal sebelum rangkaian kegiatan lainnya" ungkapnya.

Mewakili Kaban Kesbangpol NTT, Medi menyebutkan, untuk kegiatan sosialisasi gerakan cinta rupiah dilakukan penukaran mata uang rupiah yang lusuh, robek atau koin ke mata uang kertas.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Bank Indonesia, dan secara teknis di lapangan dilakukan oleh Bank NTT. Selain itu, juga dilakukan pelaksaan vaksinasi massal bagi warga Kabupaten Ende," jelas Medi.

Tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini, kata Medi, adalah pencapaian target vaksinasi secara nasional, provinsi maupun di Kabupaten Ende sendiri. "Selain tujuan utama pemberiaan vaksin adalah menjaga kesehatan masyarakat dan ketahanan tubuh terhadap Covid-19," ujar dia lagi.

Medi mengajak warga masyarakat Kabupaten Ende untuk bisa terlibat dalam dua kegiatan tersebut dan seterusnya hingga kegiatan hari puncak Harlah Pancasila 1 Juni 2022.

Seperti disaksikan, pelaksanaan vakisinasi diberikan para tenaga kesehatan dari Puskesmas Kota, Puskesmas Onekore, dan Puskesmas Rewarangga. Sementara kegiatan sosialisasi gerakan cinta rupiah oleh pihak Bank NTT. Dalam kegiatan tersebut warga dihibur oleh Sombo Lando voice. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan