Rayakan HUT Perak, Ikatan Keluarga Adonara Gelar 3 Kegiatan Besar

  • Bagikan
Para juara lomba pidato foto bersama para guru dan panitia IKA Lembata. (FOTO: Dok. IKA)

LEWOLEBA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 25, Ikatan Keluarga Adonara (IKA) Lembata menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Mulai dari Lomba Pidato tingkat SMA/SMK/MA dan tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Lembata, perayaan misa syukur, dan turnamen bola volly putri -IKA CUP. Tiga kegiatan besar ini dibuat dalam tajuk "Membangun Soliditas dalam Semangat Ta’an To’u Gelekat Lewo Gewayan Tanah."

Untuk lomba pidato tingkat SMK/SMK/MA dan SMP/MTs se-Kabupaten Lembata, kegiatannya berlangsung Sabtu (21/5), bertempat di Audiotorium Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lembata. Topik yang diambil dalam lomba pidato itu, yakni pidato berbahasa Inggris tentang Pariwisata Lembata dan pidato berbahasa Indonesia tentang menghidupkan literasi di Kabupaten Lembata. Kegiatan ini diikuti 66 peserta, dan merupakan hasil kolaborasi IKA Lembata, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dengan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, yakni kemitraan dan promosi juga Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Lembata, yang diwakili Asisten III Setda Lembata, Berchmans Dai Wutun. Dalam sambutannya, Berchmans berharap agar tatanan nilai yang terkandung dalam budaya, relasi sosial, dan religi perlu dipegang teguh dalam meredam perilaku yang terkontaminasi yang dapat merusak tatanan hidup masyarakat juga menghambat pembangunan.

“Kita harus menciptakan suasana yang kondusif, mulai dari komunitas terkecil yakni keluarga, dan organisasi. Komunitas ini perlu diberdayakan dengan perjuangan dan pengabdian yang murni agar orang bisa merasakan adanya damai, cinta kesejukan, dan keadilan,” ujar Berchmans dalam keterangan tertulis IKA Lembata, kepada TIMEX, Minggu (22/5).

Berchmans menambahkan, dengan penguasaan literasi yang baik kita mampu menjadi agen dalam memberikan informasi dan promosi pariwisata melalui berbagai media.

Sementara itu, Ketua IKA Lembata, Donatus Beda Mangu dalam sambutannya mengatakan bahwa IKA Lembata merupakan organisasi sosial kemasyarakatan dan secara nyata dalam perjalanan hidup telah membuktikan karyanya, baik di tanah Lembata maupun di tanah Adonara bersama dengan suku-suku lain.

Menurut Donatus, IKA Lembata hadir dibumi lepan batan ini merupakan catatan waktu yang panjang dalam catatan sejarah memasuki usia perak 25 tahun.

Donatus juga menjelaskan bahwa kegiatan perlombaan ini sejalan dengan program pemerintah yaitu memajukan program literasi sebagai Kabupaten Literasi dan sekaligus mempromosikan destinasi wisata.

Selain itu, Donatus juga mengharapkan, melalui kegiatan ini peserta bisa mengekspresikan diri sesuai potensi, bakat, minat, dan kreatifitas yang dimiliki.

Ketua Panitia Kegiatan, Longginus Laga Bean memberikan apresiasi kepada sekolah, orang tua juga guru pendamping yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

Longginus menyebutkan, para peserta yang meraih juara mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, trofi, dan sertifikat. Berikut hasil-hasil kejuaraan dalam lomba pidato itu:

Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs

Juara I: Yohanes R.S Soge
II: Hildegardis K.Dangku
III: Blasius W. Tukan.

Pidato Bahasa Inggris

I. Kevin B .Ujan
II. Michael Dasilva
III. Damian Peuobug

Pidato Bahasa Inggris SMA/SMK/MA
I. Dian Eka Pratiwi Usman,
II. Masha Diva
III. Diza Gizila

Pidato Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA:

I. Martha K. Ina Baran
II. Aisali Riskiah Hanudin
III. Maria Artika Tuto

Kegiatan ini dihadiri pimpinan OPD lingkup Pemkab Lembata, Kepala Sekolah tingkat SMA dan SMP bersama guru pendamping, dewan juri professional,Penasihat dan pengurus IKA, awak media dan panitia penyelenggara. (*)

Penulis: Indah Purnama Dewi
Editor: Marthen Bana

  • Bagikan