ADONARA-Suasana bahagia dan sukacita menyelimuti warga Desa Riang Padu dan Desa Bukit Seduri, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (18/5/2022).
Warga setempat bersukacita karena PT Bank Mandiri Persero Tbk berhasil memfasilitasi pembangunan jaringan sumber air bersih dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini tidak dilakukan sendiri oleh Bank Mandiri melainkan berkolaborasi dengan Rumah Visi Indonesia dan PT Indra Karya.
Kegiatan ini merupakan wujud inisiatif bisnis berkelanjutan serta komitmen Bank Mandiri dalam melaksanakan rencana aksi sosial berkelanjutan yang diimplementasikan melalui sustainable CSR and financial inclusion.
Tambahan suplai dan jaringan air bersih yang bersumber dari mata air perbukitan yang dibangun di dua titik, yaitu di Desa Riang Padu dan Desa Bukit Seduri, ini sudah dinanti-nantikan warga. Mengingat setiap kemarau, warga kesulitan mendapatkan sumber air bersih.
Peresmian dilaksanakan secara simbolis oleh Assistant Vice President Bank Mandiri, I Made Mudalara mewakili Vice President Bank Mandiri Area Kupang, Wido Wibowo, Direktur Rumah Visi Indonesia, Antonius D. Hurung, Perwakilan PT Indra Karya, Antonius Masan Ulu, dan Kepala Cabang Bank Mandiri Larantuka, Kristo Parera. Hadir juga dalam kegiatan peresmian itu, Camat Adonara Barat, Wilhemus Wisok Mangu, Kepala Desa Riang Padu, Blasius Dua, Kapolsek Adonara, Januardana Rambi, para pemuka agama, seluruh elemen masyarakat Desa Riang Padu, Desa Bukit Seduri, serta warga setempat.
Assistant Vice President Bank Mandiri, I Made Mudalara menuturkan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian pihaknya untuk lingkungan dan kesehatan masyarakat. "Semoga manfaat air bersih ini tak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, tetapi juga dapat dikembangkan untuk mendukung serta meningkatkan aktivitas perekonomian warga demi kemajuan hidup masyarakat sekitar yang lebih baik," kata Mudalara dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/5).
Menurut Mudalara, program ini memberikan dampak kepada hampir 1.000 kepala keluarga (KK) dan 5.000 jiwa di lingkungan kedua desa tersebut. Namun kedepannya, lanjut Mudalara, program Air Bersih ini diharapkan dapat mengaliri lebih banyak warga lainnya, baik di Adonara maupun di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di wilayah kerja Bank Mandiri.
I Made Mudalara menuturkan, masyarakat Indonesia saat ini, terutama masyarakat Indonesia Timur dihadapkan pada sulitnya akses. "Program CSR Jaringan Air Bersih ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan membantu masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi," harapnya.
Dikatakan, pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Bank Mandiri untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat, lingkungan, kesehatan maupun program sosial lainnya.
"Kegiatan ini merupakan salah satu fokus tanggung jawab BUMN kepada masyarakat. Melalui berbagai program yang dijalankan, kami turut mendukung upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Kami berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya,” tutup I Made Mudalara. (adv/aln)