Karang Taruna Desa Wehali Disiapkan Kelola Parkiran di Pujasera Betun

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Kabupaten Malaka, Aloysius Werang bersama dinas teknis lainnya mengelilingi Pujasera untuk memastikan penataannya, Kamis (19/5). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

BETUN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka bersama dinas teknis lainnya seperti Badan Keuangan Daerah (BKD), Dinas Perhubungan (Dishub), Camat Malaka Tengah dan Pemerintah Desa Wehali melak ukan monitoring Pujasera terkait penetapan lapak serta parkiran.

Terpantau TIMEX, Kamis (19/5), Kadis Pariwisata Kabupaten Malaka, Aloysius Werang bersama dinas teknis lainya mengelilingi Pujasera untuk memastikan penataannya tetap rapi karena Pujasera itu terletak di jantung Kota Kabupaten Malaka.

Aloysius Werang menjelaskan bahwa, sesuai hasil monitoring, akan diadakan penerapan parkiran dan dikelola oleh Karang Taruna Desa Wehali. "Selain itu juga termasuk lapak-lapak yang ada, kita harapkan permanen tetapi tenda-tenda yang ada kita sudah kerja sama dengan Bank NTT selaku mitra menyediakan tenda untuk lapak Pujasera," kata Aloysius.

Menurut Aloysius, untuk parkiran semua ada aturan dan ada regulasinya, dimana harga parkir juga sudah diatur dan juga terkait rekayasa arus dan parkiran dimana Dinas Perhubungan sudah mengdrafkan kawasan parkir. Nanti roda dua tersendiri dan roda empat tersendiri, sehingga tidak mengangu arus lalulintas.

"Rekayasa jalur sebelah Kantor Camat Malaka Tengah satu arah kemudian juga jalan depan Bank BRI juga satu arah sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Itu dari Dinas Perhubungan. Sementara kita masih survei di lapangan bagaimana untuk rekayasanya," ungkap Aloysius.

Sementara itu, Camat Malaka Tengah, Stefanus Nahak pada kesempatan itu mengatakan, sebagai pemilik wilayah Kecamatan Malaka Tengah, dirinya berharap agar apa yang direncanakan ini bisa berjalan dengan baik, yang terpenting adalah kemanan di Pujasera.

Untuk itu, lanjutnya, keamanan di Pujasera harus ada kerja sama dengan pihak TNI-Polri juga Karang Taruna di Desa Wehali serta stakeholder yang ada di Malaka sehingga yang diharapkan kemanan bisa terjamin.

"Sementara ini kita mau mulai, jadi kedepannya akan ditatakelola Pujasera ini dengan baik, karena kita sudah kerja sama dengan Bank NTT. Jadi tenda yang disediakan oleh Bank NTT ini kelihatannya rapi karena Pujasera uni berada di pusat kota Malaka. Sebagai penguasa wilayah di Kecamatan Malaka Tengah, kita harapkan masyarakat menjual makanan lokal, dimana pusat jajanan bukan sayuran-sayuran," tandasnya. (mg30)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan