Terkait Pernyataan Jokowi di Rakernas Projo, Masintom: Kewenangan Menentukan Capres di Megawati

  • Bagikan
Politikus PDIP Masintom Pasaribu (FOTO: Istimewa/JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-“Kalau sikap PDIP terkait capres dan cawapres untuk 2024 nanti ada kewenangan Ibu Ketum, Megawati. Karena Kongres PDIP memandatkan kepada ibu Ketum untuk memutuskan itu.” Kutipan ini disampaikan politikus PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/5), menyikapi sinyalemen yang mengatakan Presiden Jokowi mendukung Ganjar Pranowo maju Capres 2024.

Masintom menyatakan, enggan berspekulasi terkait pernyataan Presiden Jokowi tersebut.
Dia menegaskan, sikap PDIP tegas menunggu keputusan resmi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam menentukan siapa calon presiden 2024 nanti.

Menurut Masinton, pernyataan Jokowi disampaikan bukan pada forum resmi partai politik. Lagipula, ada beberapa tokoh politik lain yang hadir dalam acara tersebut, seperti KSP Moeldoko hingga anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto.

Karena itu, Masinton menegaskan pernyataan Jokowi belum tentu berpihak kepada Ganjar Pranowo. Bahkan, bisa jadi dukungan itu justru ditujukan kepada Presiden Jokowi sendiri untuk maju tiga periode. Pasalnya, sejumlah relawan yang hadir dalam acara itu masih menyerukan dukungan Jokowi tiga periode.

“Ya tidak tahu apakah dukung tiga periode atau apa. Kalau membaca itu kan kita sama-sama membaca. Dukungan ke mana, ada teriakan tiga periode,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada relawan Pro Jokowi (Projo) mengenai Pilpres 2024. Ia meminta Projo untuk bersabar termasuk urusan dukungan politik pada Pilpres 2024.

’’Urusan politik? Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” ucap Jokowi dalam sambutannya di lokasi Rakernas V Projo, Magelang, Sabtu (21/5). Pernyataan Jokowi tersebut langsung disambut riuh peserta sambil meneriakkan nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (jpc/jpg)

  • Bagikan