Bupati Rote Ndao Terima Bantuan Logistik Lumbung Sosial dari Kemensos RI

  • Bagikan
SIMBOLIS. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, secara simbolis menerima logistik lumbung sosial yang diserahkan Koordinator Mitigasi, Kemensos, Tota Oeceanna Zonneveld, di ruang kerja Bupati, Senin (23/5). (FOTO: : Max Saleky/TIMEX)

BA'A, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, menerima sejumlah paket bantuan logistik lumbung sosial, Senin (23/5). Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Bantuan tersebut akan disalurkan di delapan titik yang memiliki potensi rawan bencana alam di Rote Ndao. Dari delapan titik penyaluran bantuan itu, ada 3 titik yang merupakan daerah kepulauan.

Delapan titik tersebut, yakni, Kecamatan Landu Leko, Rote Barat Daya, Pantai Baru, Loaholu, Ndao Nuse. Sedangkan daerah kepulauan adalah Pulau Nuse, di Kecamatan Ndao Nuse, Pulau Usu, di Kecamatan Landu Leko, dan Pulau Landu, di Kecamatan Rote Barat Daya.

Paket logistik yang Bupati Paulina terima ada 32 item. Semuanya sudah dalam bentuk paketan, yakni berupa lauk pauk siap saji sebanyak 50 paket, makanan anak 30 paket, makanan siap saji 50 paket, selimut 20 lembar, kasur 15 lembar, dan matras 15 lembar.

Berikut, sandang dewasa 15 paket, tenda gulung 10 unit, tenda keluarga 1 unit, dan tenda serba guna kekuarga 1 unit. Selanjutnya, 1 unit alat penjernih air, 400 Kg beras premium, 5 karton Sarden, 10 karton mie instan, 5 karton minyak goreng, 2 karton kecap, dan 2 karton saos. Ada juga 50 stel pakaian anak, 50 helai pakaian dewasa dan pempres anak dengan 4 ukuran, masing-masing ukuran 1 dos.

Berikutnya, 1 kotak P3K, 1 unit mensin genzet, 1 unit pompa air, 1 unit tandon air ukuran 1.200 liter, 1 set instalasi pipa, 2 drum besi ukuran 200 liter, 1 roll kabel listrik. Ada juga bantuan berupa 2 buah lampu LED 23 watt dan fitting, 300 liter BBM untuk genzet serta 10 karton biskuit.

Paket bantuan tersebut secara simbolis telah diserahkan Koordinator Mitigasi, Kemensos, Tota Oeceanna Zonneveld kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, di ruang kerja Bupati.

Saat menerima, Bupati Paulina, didampingi Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek. Begitu juga Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Untung Harjito, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, dan Kepala Dinas Sosial, Ferdinan Haning.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena diperhatikan dengan memberi bantuan berupa logistik untuk lumbung sosial," kata Bupati Paulina Haning-Bullu.

Setelah menerima, paket bantuan tersebut, segera didistribusikan ke masing-masing sasaran. Dengan penanggung jawab penyaluran, langsung ditugaskan kepada Kepala Dinas Sosial.

Sementara itu, Koordinator Mitigasi, Kementerian Sosial, Tota Oeceanna Zonneveld, yang dikonfirmasi TIMEX, usai penyaluran menyampaikan, identitas programnya. Yang disebutnya sebagai langkah untuk mengedukasi warga melalui dukungan logistik.

"Programnya kesiap-siagaan dan pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat. Jadi masyarakat itu kita edukasi dan kemudian dukung dengan logistik. Karena tentu, masyarakat kepulauan sangat terbatas dalam hal ekonomi," kata Tota Oeceanna Zonneveld. (*)

Penulis: Max Saleky
Editor: Marthen Bana

  • Bagikan

Exit mobile version