Kapolda NTT: 400 Personil Siaga Amankan Kunker Presiden Jokowi

  • Bagikan
PANTAU. Kapolda NTT, Irjen Pol. Setyo Budiyanto memantau Pasar Boubou Bajawa, jelang kedatangan Presiden Jokowi, Senin (30/5). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

BAJAWA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ngada pada Rabu (1/6/2022) . Sebanyak 400 personil polisi gabungan, baik dari Polres Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat telah disiapkan untuk mengamankan kehadiran RI 1 di wilayah itu.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, SH., MH, Senin sore (30/5) menyempatkan diri berkunjung ke Ngada dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan kunjungan Presiden Jokowi.

"Untuk mengamankan kunjungan Bapak Presiden di Ngada, kita siagakan 400 personil polisi gabungan, dari Polres Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat," ungkap, Irjen Setyo kepada TIMEX di sela-sela kunjungannya sore tadi. "Saya berharap agar semua bisa mengamankan seluruh kegiatan yang dilakukan Presiden di Kabupaten Ngada," pinta Irjen Setyo yang juga sempat memantau langsung Pasar Boubou, Bajawa, lokasi yang rencananya dikunjungi Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kapolres Ngada AKBP Abilio Dos Santos, SIK mengatakan, keamanan orang nomor satu di Indonesia ini merupakan tanggung jawab aparat keamanan, baik TNI maupun Polri. Meski TNI menjadi leading sektor dalam pengamanan, tetapi Polri tetap memiliki peran penting dalam kegiatan tersebut.

"Seluruh petugas diharapkan dapat menjalin koordinasi baik saat melakukan pengamanan agar kunjungan Presiden wilayah hukum Polres Ngada dapat berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Kunjungan Presiden RI pada 1 Juni dapat dipastikan keamanan, kelancaran, dan ketertibannya. Bahkan selama pelaksanaan kegiatan sampai kembalinya Presiden RI juga harus aman. "Bahkan tanpa adanya gangguan Kamtibmas sama sekali," tegasnya.

Sejumlah lokasi yang diprediksi akan dikunjungi Presiden RI, kata Kapolres Ngada harus disterilkan dari gangguan Kamtibmas. "Kami berharap situasi aman dan kondusif selama beliau (Presiden Jokowi, Red) melaksanakan kunjungan di wilayah hukum Polres Ngada," tutupnya. (*)

Penulis: Saver Bhula

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan