Prabowo Cari Sosok Capres yang Berkomitmen terhadap Pancasila

  • Bagikan
Prabowo Subianto

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
telah menyebutkan seperti apa kriteria sosok calon presiden yang akan diusung partainya pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

Yang jelas, kata Prabowo, Partai Gerindra akan mengusung sosok calon Presiden RI yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), sehat jasmani dan rohani, serta berkomitmen kepada Pancasila.

“Kalau kriteria, WNI, sehat jasmani dan rohani. Tapi intinya saya kira kita harus ada sosok yang sungguh-sungguh komit dan setia kepada Pancasila, UUD 1945 seutuhnya. Tidak sebagai mantra, tapi seutuhnya. Saya kira itu kriteria yang paling penting, dan kalau bisa yang berpengalaman,” kata Prabowo di kantor DPP Partai Nasdem, Menteng, Jakarta, Rabu (1/6).

Menurut Prabowo, partai yang dipimpinnya masih terbuka untuk mengusung seseorang dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Bahkan, dirinya pun tak akan memaksakan untuk harus kembali maju sebagai capres. “(Capres dari Gerindra, Red) Ya enggak harus Prabowo. Siapa saja,” papar Prabowo.

Menteri Pertahanan itu menuturkan, WNI yang memiliki kapasitas dan kemampuan memiliki kewajiban untuk mengabdikan dirinya kepada Indonesia. Karena itu, Partai Gerindra masih menyaring sosok yang dinilai mampu menjadi pemimpin dalam lima tahun mendatang.

“Jadi gini ya, saya ini belajar dari sejarah. Jadi dalam suatu republik yang baik adalah kewajiban setiap warga negara yang mampu fisik, intelek, jasmani, dan kondisi ekonomi dirinya dan keluarganya, wajib untuk menawarkan diri kepada negara dan bangsa. Jadi wajib,” pungkas Prabowo. (jpc/jpg)

  • Bagikan