Slank dan KLA Project Hipnotis Warga Ende, Ivan Rondo: Presiden Jokowi Beri Teladan

  • Bagikan
BENTUK APRESIASI. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo memberi apresiasi dengan bertepuk tangan saat penampilan Slank dan KLA Projek pada malam Konser Kebangsaan di Stadion Marilonga, Ende, Rabu (1/6) malam. (FOTO: LEXI RAJA SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Konser Kebangsaan yang berlangsung di Kota Ende, Rabu (1/6) malam benar-benar menghipnotis warga setempat yang hadir langsung di panggung konser Stadion Marilonga. Bagaimana tidak, konser akbar dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni itu menampilkan grup band papan atas tanah air seperti Slank dan KLA Project juga penampilan apik penyanyi aliran Neotradisional asal NTT, Ivan Nestorman dan sejumlah penyanyi kenamaan lainnya.

Acara itu makin meriah dan semarak karena ditonton langsung Kepala Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ibu Iriana Joko Widodo, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Ketua TP PKK NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Kepala BPIP, Anggota DPR RI, Herman Herry, Bupati Ende, Djafar Achmad, unsur Forkopimda NTT dan para bupati/wali kota se NTT.

Kehadiran Kaka dan Bimbim Slank, Katon Bagaskara, Ivan Nestorman juga Fany KDI, Rabu malam (1/5) benar-benar luar biasa. Beberapa kali Presiden Jokowi bangkit dari kursinya dan ikut melantunkan lagu-lagu yang dipersembahkan Slank juga KLA Project. Beberapa kali terlihat Presiden Jokowi menghampiri penonton dan menyalami mereka satu per satu.

Senyum sumringah terlihat jelas dari wajah orang nomor satu di Indonesia tersebut. Tidak ada beban yang nampak dari diri Jokowi, bahkan tak tampak raut lelah di wajahnya, meski sang Presiden harus melewati sejumlah agenda kunjungan kerja yang luar biasa padat itu.

Presiden Jokowi yang tiba dilokasi konser sekira pukul 21.00 Wita, tetap bertahan hingga Konser Kebangsaan itu berakhir sekira pukul 00.30 Wita, Kamis (2/6) dinihari.

Warga masyarakat yang memadati Stadion Marilonga tampak histeris saat Kaka Slank dan Katon Bagaskara dari KLA Project menyanyikan lagu-lagu hits mereka. Sepanjang konser berlangsung, warga tak berhenti bergoyang setiap kali vokalis kedua grup band itu menyanyikan tembang hits mereka. 

Alkhadi Wira Satriaji atau yang biasa disapa Kaka mengapresiasi akan kehadiran warga Kota Ende.
"Kami hadir di Kota Ende berarti rasa musik Ende high class," ujar Kaka saat jumpa pers sebelum pementasan Konser Kebangsaan, Rabu (1/6) malam. 

Sementara itu, dari atas panggung konser, Kaka berharap agar virus persatuan dan kesatuan terus disebarkan kepada warga masyarakat di seluruh Indonesia dan terus menjaga toleransi. 

Bupati Ende, Djafar Achmad secara terpisah berharap agar generasi muda Ende bisa belajar banyak dari Slank maupun KLA Project dalam menggerakkan semangat Pancasila melalui  karya-karya musik.

Meski disaksikan ribuan warga masyarakat, namun Konser Kebangsaan itu berjalan aman hingga usai. Bagi Slankers, sapaan bagi para penggemar Slank juga penggemar KLA Project yang datang ternyata bukan dari Kabupaten Ende saja, namun datang dari luar Ende, seperti Manggarai Barat hingga Lembata.

Salah satu pelaku industri kreatif, Ivan Rondo diakun media sosialnya mengapresiasi sosok Jokowi, dimana dalam sejarah pertunjukkan konser musik, sang Kepala Negara setia menonton penampilan Slank dan KLA Project yang berlangsung lebih kurang empat jam lamanya. Bahkan diakhir setiap penampilan, baik Slank maupun KLA Project, Presiden Jokowi turun dari tenda VIP dan menyampaikan ucapan terima kasih langsung terhadap para vokalis masing-masing.

Bagi Ivan Rondo, apa yang dibuat Presiden Jokowi ini merupakan teladan yang patut dicontoh dan bentuk penghargaan serta penghormatan terhadap sebuah karya seni anak negeri. "Bagi saya, ini sebuah wujud dari pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui karya seni dan kreatifitas di bidang musik yang menjadi bagian dari kekayaan budaya Indonesia," ungkap Ivan. (Kr7/aln)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan