Jasad Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde

  • Bagikan
Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (FOTO: Instagram/@emmerilkahn/JawaPos.com)

BERN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Setelah hampir dua pekan dinyatakan hilang di sungai Aare, Swiss, putra sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akhirnya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, pada Rabu (8/6) waktu setempat.

Kepolisian Bern pada Kamis (9/6) telah mengonfirmasi jika jenazah yang ditemukan adalah Eril. Kepastian ini didapat sesuai kecocokan DNA jenazah.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, menjelaskan informasi awal disampaikan oleh kepolisian Bern yang mendapatkan laporan penemuan jenazah pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06:50 atau 11.50 waktu Indonesia. Kemudian polisi melakukan identifikasi untuk mencocokan DNA jenazah.

Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan Kantor Kejaksaan Bern-Mitteland dalam Bahasa Jerman, yang dimuat di laman Kepolisian Bagian Canton Bern, Swiss, Kamis (9/6), dinyatakan, bahwa pihak mereka menemukan jasad tak bernyawa pada Rabu pagi (6/6) di Bendungan Engehalde, Bern.

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, ditemukan bahwa korban tewas adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022. ’’Pria berusia 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami keadaan darurat. Dia tenggelam akibat kecelakaan tersebut,’’ tulis pernyataan tersebut.

Polisi setempat dan polisi maritim menemukannya pada Rabu pagi pukul 06.50 waktu setempat. Kemudian, saat diangkat ke daratan, dipastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut sudah tidak bernyawa.

Sejak Eril hilang, tindakan pencarian intensif telah dilakukan oleh berbagai pihak di Bern. Tim layanan darurat pencarian orang hilang dari darat dan air dikerahkan menggunakan berbagai sarana. Antara lain, drone, perahu, penyelam, dan anjing polisi juga digunakan. ’’Semua penyelidikan sekarang selesai,’’ demikian pernyataan tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun dikabarkan telah mengambil cuti dan berangkat ke Swiss. (jpc/jpg)

  • Bagikan