Jasad Eril Ditemukan, Ridwan Kamil Langsung Ajukan Cuti Berangkat ke Swiss

  • Bagikan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga saat berada ditepi sungai Aare Swss sebelum kembali ke Indonesia. Hari ini, Ridwan Kamil kembali mengajukan cuti ke Kemendagri untuk menjemput jenazah Eril. (FOTO: TWITTER/JawaPos.com)

BERN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Upaya pencarian yang dilakukan otoritas Swiss terhadap jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang hilang di sungai Aare, pada Kamis (26/5/2022) lalu, akhirnya ditemukan. Eril ditemukan dalam kondisi tak bernyawa setelah 13 hari pencarian pada Rabu (8/6) sekira pukul 06.50 waktu Swiss.

Pihak KBRI Bern di Swiss bersama Kepolisian Bern sudah melakukan serah terima jenazah Eril kepada pihak keluarga yang berada di Swiss. KBRI memastikan DNA penemuan jenazah di Sungai Aare cocok dengan Eril. KBRI juga memastikan bahwa hak jenazah Eril diserahterimakan sesuai dengan syariat Islam.

“Selanjutnya, pihak kepolisian sampaikan berkas ke pengadilan kantor Bern sebagai pihak yang benar memutuskan serah terima jasad kepada keluarga. Sekitar 2 jam lalu, pihak pengadilan sudah memberi kewenangan keluarga serah terima jenazah ke keluarga,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Selanjutnya KBRI mendampingi pengurusan jenazah dan repatriasi pengurusan pemulangan jenazah Eril. “Kami pastikan hak jenazah terpenuhi sesuai syariat Islam. Kami lakukan pengawalan sampai ananda Eril tiba di Indonesia,” jelasnya.

“Kami mohon doa, agar seluruh proses kepulangan ananda Eril bisa lancar. Kementerian Luar Negeri RI juga akan memfasilitasi rombongan di Bandara Soetta,” tegas Muliaman Hadad.

Sebelumnya kepolisian Bern, Swiss, menerima laporan penemuan jenazah di Sungai Aare pada Rabu (8/6) sekitar pukul 06.50 waktu Swiss. Lalu kepolisian mengidentifikasi jenazah dengan melakukan kecocokan DNA. Akhirnya pada Kamis (9/6), polisi memastikan bahwa DNA tersebut cocok dan benar sesuai dengan DNA Eril.
Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa jenazah merupakan WNI yang hilang di Aare sejak Kamis, 26 Mei 2022.

Ridwan Kamil Ajukan Cuti

Setelah menerima informasi penemuan jasad putranya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun langsung mengajukan cuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan terbang ke Swiss.
Ridwal mengajukan cuti selama 11 hari, terhitung pada 9 - 19 Juni 2022. Emil, sapaan akrabnya sudah bertolak ke Swiss sejak Kamis (9/6) pagi.


Izin cuti tersebut dilakukan Emil untuk mengetahui secara langsung perkembangan pencarian putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5) lalu.

“Pak Gubernur sendiri sudah berangkat ke Swiss per hari ini atas permintaan dari keluarga yang sudah terlebih dulu ada di sana,” kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6).

Wahyu menjelaskan, izin cuti Ridwan Kamil itu telah disampaikan ke Kemendagri. Mantan Wali Kota Bandung itu beralasan harus kembali ke luar negeri, dengan alasan penting.

“Terkait dengan izin gubernur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin keluar negeri dengan alasan penting. Alhamdulillah itu sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri mulai tanggal 9 sampai dengan 19 Juni 2022,” ucap Wahyu.

Oleh karena itu, untuk memastikan jalannya pemerintahan di Provinsi Jawa Barat, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dipastikan diangkat sebagai Pelaksana harian (Plh) Gubernur sampai Ridwan Kamil kembali ke Tanah Air.

Dalam kesempatan ini, Wahyu berharap, dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat dalam proses pencarian Eril. Karena informasi terkini masih menunggu dari pihak KBRI Bern.

“Insya Allah jika ada perkembangan lebih lanjut akan memberikan berbagai informasi terkait dengan perkembangan yang ada di sana,” pungkasnya. (jpc/jpg)

  • Bagikan