Lepas Keberangkatan 19 JCH, Ini Pesan Bupati Ende Djafar Achmad

  • Bagikan
PELEPASAN. Bupati Ende, Djafar Achmad saat melepas keberangkatan para jamaah calon haji asal Ende dalam acara pelepasan di rujab bupati, Selasa (14/6) malam. (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Ende, Djafar Achmad secara resmi melepas keberangkatan 19 Jamaah Calon Haji (JCH) asal daerah itu untuk menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekah.

Acara pelepasan yang berlangsung penuh hikmah dan persaudaraan itu berlangsung di rumah jabatan (Rujab) Bupati Ende, Selasa (14/6) malam. Hadir saat itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ende, Nikolaus Nuka dan pejabat lainnya.

Bupati Ende, Djafar Achmad dalam kesempatan itu meminta para jamaah calon haji untuk terus menjaga kesehatan jiwa dan raga agar nantinya dalam melaksanakan ibadah haji bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan apapun.

Bupati Djafar juga berharap, para JCH mematuhi arahan para pendamping dan selalu menjaga nama baik bangsa, negara, khususnya Kabupaten Ende. 

"Jaga kesehatan agar bisa menjalankan ibadah dengan baik dan juga ikuti arahan pendamping, dan jika tidak tahu dan mengerti, jangan malu untuk bertanya," pesan Bupati Djafar. 

Sementara itu, Kelapa Seksi Urusan Haji, Kantor Kemenag Ende, Haji Muhamad Salam Daud dalam laporannya mengatakan, jumlah jamaah calon haji asal Ende sebanyak 19 orang, dan satu orang cadangan. 

Dia merincikan, dari 19 orang JCH tersebut, 5 orang, karena tugas dinas sudah mutasi keluar Ende. Dua orang ke Jawa Barat dan tiga orang di Jawa Tengah. Mereka ini akan berangkat dengan embarkasi berbeda dengan 14 orang jamaah lainnya yang akan diberangkatkan dari Bandara Haji Hassan Aroebusman Ende. 

Haji Salam Daud mengatakan, dari 14 JCH yang diberangkatkan dari  Bandara Haji Hassan Aroebusman Ende, terdapat 1 Jemaah asal Kabupaten Ende yang mendaftar di Kabupaten Ngada.

"Semua kegiatan menyangkut persiapan, baik manasik maupun pemeriksaan kesehatan dilakukan di Ende, dan saat pelepasan ini kami juga undang untuk turut bersama," ujar Haji Salam Daud. 

Lebih  lanjut Haji Salam menyebutkan, yang menjadi kebanggaan adalah, yang memimpin para JCH kloter 25 adalah dari Kabupaten Ende. Kloter 25 ini bersama dengan JCH asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Untuk kloter 25 ini sebanyak 450 JCH, dan wakil dar Ende yang akan memimpin mulai dari pemberangkatan, selama berada di Tanah Suci hingga kepulangan ke tanah air.

"Beliau atas nama Achmad Umar, kepala KUA Kecamatan Ende Selatan dan berasal dari Pulau Ende. Dia nantinya akan dibantu oleh satu wakilnya serta seorang dokter dan seorang perawat," sebut Haji Salam. 

Haji Salam mengatakan, para JCH asal Ende akan diberangkatkan dari Bandara Haji Hassan Aroebusman pada Sabtu (18/8) menuju Kupang dan akan melakukan tes PCR seperti yang diminta oleh pihak Kerajaan Arab Saudi dimana 3x 24 jam harus dilakukan tes PCR. 

Setelah itu, lanjutnya, para JCH akan diberangkatkan menuju Surabaya dari Kupang menggunakan penerbangan Lion Air pukul 10.25 Wita dan akan tiba di Surabaya pada pukul 11.30 Wita. Dan pada tanggal  21 Juni 2022 pukul 11.45 WIB bertolak dari embarkasi Surabaya menuju Jedah. 

"Kepulangan Jamaah Haji ini nantinya akan terjadi pada 2 Agustus 2022, dan sekitar pukul 02.00 WIB tiba di tanah air. Jamaah Haji asal Ende akan tiba kembali di Ende pada 4 Agustus 2022 pukul 11.15 Wita," sebut Haji Salam Daud. 

Terpantau media ini, diakhir kegiatan pelepasan JCH tersebut, Bupati Ende Djafar Achmad dan istri memberikan amplop dan souvenir kepada para jemaah calon haji. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan