AFP NTT Rintis Kerja Sama dengan Undana, Tingkatkan SDM Atlet-Pelatih Futsal

  • Bagikan
BANGUN KERJA SAMA. Ketua AFP NTT, Jimmi W. B. Sianto (kanan) foto bersama Rektor Undana Kupang, Dr. Maxs Sanam usai pertemuan di Kampus Undana, Rabu (29/6). Jimmi dan Maxs Sanam membangun kerja sama tingkatkan SDM atlet-pelatih Futsal di NTT. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTT, Jimmi W. B. Sianto, S.E., M.M, menemui Rektor Undana Kupang, Dr. Maxs Sanam di ruang kerjanya, Rabu (29/6).

Dalam pertemuan tersebut, Jimmi Sianto mengajukan beberapa program kerja sama untuk tujuan peningkatan sumber daya manusia (SDM), baik itu atlet, pelatih, dan wasit bagi para calon mahasiswa maupun mahasiswa yang akan menamatkan pendidikan di Undana.

Jimmi Sianto kepada TIMEX mengatakan, dalam pertemuan itu, ia bersama Rektor Undana mendiskusikan beberapa poin penting, yakni penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi di bidang olahraga, khususnya atlet futsal berprestasi dengan rekomendasi AFP NTT.

Selain itu juga, lanjut Jimmi, dibicarakan peluang pemberian beasiswa KIB Kuliah bagi mahasiswa-mahasiswa tersebut. "Buat anak-anak tingkat SMP, dan terutama SMA, ini akan memberikan motivasi agar mereka semangat berlatih karena jadi atlet futsal yang berprestasi itu ada jaminan masa depan bagi mereka," ungkap Jimmi.

Khusus untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek) di Undana, demikian Jimmi, dibicarakan akan ada pelatihan pelatih dan wasit. Tujuannya, setelah mereka tamat dapat menjadi sarjana plus. Begitu juga ketika mereka menjadi guru, akan menjadi guru plus karena tidak saja menguasai ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah, namun ketrampilan khusus yaitu bisa jadi pelatih futsal atau wasit futsal.

"Kita membayangkan bila para sarjana calon guru ini setelah menyelesaikan studi akan kembali ke daerah asal masing-masing dan melamar menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah yang ada. Disitu mereka tidak hanya menerapkan ilmu pengetahuan tapi saat jam praktik anak-anak akan diajarkan bermain futsal," jelas mantan anggota DPRD NTT dua periode ini.

Jimmi menuturkan, apa yang dibicarakan bersama Rektor Undana ini mendapat sambutan positif, dan diharapkan bisa segera berlanjut ke proses penjanjian kerja sama atau MoU.

Asprov PSSI NTT Dukung

Jimmi juga mengemukakan bahwa rencana kerja sama dengan Undana ini telah ia sampaikan ke Ketua Asprov PSSI NTT, Ir. Christian Mboeik. "Kita bersyukur beliau menyambut baik gagasan tersebut, dan Pak Ketua Asprov PSSI NTT memberikan dukungan dan apresiasi atas ide kerja sama dari AFP NTT tersebut," kata Jimmi. "Semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik demi peningkatan prestasi anak-anak kita ke depan,” pungkasnya. (aln)

  • Bagikan