Lantik Pengurus KONI Sabu Raijua, Josef Nae Soi: Olahraga Sekarang Bukan Sekadar Raih Prestasi, Namun Berpikir Menjadikan Industri

  • Bagikan
TERIMA TUGAS. Ketua Umum KONI NTT, Josef Nae Soi menyerahkan Bendera KONI kepada Ketua Umum KONI Sabu Raijua dalam seremoni pelantikan pengurus di aula Kantor Bupati Sabu Raijua, Kamis (30/6). (FOTO: Humas KONI NTT)

SEBA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sabu Raijua punya pengurus baru. Ini setelah Ketua Ketua Umum KONI NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM melantik dan mengukuhkan kepengurusan KONI Sabu Raijua periode 2022-2026 di aula Kantor Bupati Sabu Raijua, Kamis (30/6).

Usai melantik, Josef Nae Soi yang juga Wagub NTT itu mengucapkan proficiat kepada Ketua dan seluruh pengurus KONI Sabu Raijua yang baru dilantik. Josef mengatakan, pengurus KONI harus terus bekerja untuk kemajuan olahraga.

Menurut Josef, olahraga sekarang bukan hanya sekadar meraih prestasi, namun sudah harus berpikir bagaimana menjadikan olahraga menjadi industri. "Bayangkan saja, kalau kita buat satu even besar di Sabu, berapa banyak nilai ekonomi yang kita dapat. UKM akan dapat dampak, hotel, warung, dan lainnya. Ini yang harus kita kemas dengan baik," ujar Josef dalam keterangan tertulis Humas KONI NTT, Kamis (30/6).

Josef menyatakan bahwa Kabupaten Sabu Raijua memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang besar. Untuk itu, dia memberikan motivasi kepada pengurus yang baru dilantik untuk memanfaatkan potensi yang ada demi memajukan masyarakat lewat olahraga.

Josef pada kesempatan itu mengatakan, NTT hampir pasti akan menjadi tuan rumah PON XII/2028. Untuk itu, Josef meminta KONI, pemerintah, dan masyarakat Sabu Raijua untuk mempersiapkan diri menghadapi olahraga multi even ini.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke dalam sambutannya mengatakan, apa yang terjadi saat ini melalui proses yang baik sesuai AD/ART KONI. "Kita semua telah melewati proses pembentukan KONI Sabu Raijua. Semua ini sebagai bukti dari tekad kita untuk meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga di Kabupaten Sabu Raijua," jelas sosok yang juga Bupati Sabu Raijua ini.

Ketua KONI yang akrab disapa Nick Rihi Heke itu mengatakan, dirinya ingin agar prestasi Sabu Raijua tidak sebatas di level nasional tapi internasional. "Untuk itu kami mohon dukungannya. Karena tanpa kerja sama, tidak bisa," pintanya.

"Kami mencoba untuk menata pikiran dalam pemahaman yang sama. Sehingga dalam bekerja, kita diarahkan lewat visi dan misi KONI Sabu Raijua, yakni menjadikan KONI Sabu Raijua yang maju, handal, dan bermartabat. Kita harus menaruh kepercayaan kepada orang lain bahwa Sabu Raijua juga bisa," tuturnya.

Dalam menahkodai KONI Sabu Raijua, Nick Rihi Heke punya tiga misi. Pertama, meningkatkan sumber daya kepengurusan KONI yang transparan, akuntantel, dan bertanggung jawab. Kedua, meningkatkan sistem pembinaan dan prestasi olahraga sesuai potensi di Sabu Raijua. Ketiga, menjalin kerja sama dengan semua unsur masyarakat termasuk diaspora.

"Langkah awal yang kami lakukan adalah bentuk koordinator di tingkat kecamatan, untuk monev dalam persiapan keolahragaan yang lebih tinggi. Kami siap untuk melaksanakan semua kegiatan, baik yang kami rencanakan maupun di tingkat provinsi dan nasional. Kami mohon dukungan dari KONI Provinsi NTT," kata Nick Rihi Heke.

Dalam kesempatan itu, Nick Rihi Heke juga memastikan bahwa Sabu Raijua akan mengirim tim mengikuti Porprov NTT pada bulan Oktober 2022 nanti. "Sabu telah siap beberapa cabang. Takraw, karate, taekwondo, kempo, cricket, tinju. Ada cabang lain yang lagi disiapkan. Dengan keterbatasan yang ada, kami mampu berdayakan potensi yang ada, " ujarnya.

Untuk diketahui, pelantikan pengurus KONI Sabu Raijua ini merujuk pada Surat Keputusan (SK) Ketua Umum KONI NTT, Nomor: 17 Tahun 2022 tertanggal 13 Juni 2022. Dalam SK ini komposisinya terdiri dari Dewan Pelindung, Dewan Penyantun, Dewan Kehormatan, dan Pengurus.

Berikut komposisi pengurus KONI Kabupaten Sabu Raijua periode 2022-2026:

Ketua Umum: Drs. Nikodemuss N. Rihi Heke, M.Si
Wakil Ketua I: Yohanis Uly Kale, A.Md
Wakil Ketua II: Ir. Mansy Raymond Kore
Ketua Harian: Drs. Melki Kana
Sekretaris Umum: Anisa Chaerunisa
Wakil Sekretaris: Ferdy Tade, S.ST
Bendahara: Josep E. D. Punang, SP
Wakil Bendahara: Steven R. Rihi Leba

Bidang-bidang:
Bidang Organisasi: Dagerlin Lay Rihi, SKM (Ketua)
Bidang Binpres dan Diktar: Lorens A. Bire (Ketua)
Bidang Perencanaan Program, Anggaran,
dan Mobilisasi Sumber Daya: Viktor D. H. Radamuri, SH (Ketua)
Bidang Binkum Keolahragaan: Rowi Hawu Dima, SH (Ketua)
Bidang Media dan Humas: Alfons Lay Lena (Ketua)
Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Pelaku Olahraga: dr. Ester Djari (Ketua)
Auditor Internal: Ferdy Malelak, SH (Ketua)

Sebagai catatan, masing-masing bidang diperkuat dua hingga empat anggota. (aln)

  • Bagikan